menyusui

Bunda, Begini Cara Tepat Memilih Botol Susu Bayi

Yuni Ayu Amida Kamis, 31 Oct 2019 14:00 WIB
Bunda, Begini Cara Tepat Memilih Botol Susu Bayi
Jakarta - Saat memilih produk bayi pasti, Bunda pasti ingin yang terbaik ya. Termasuk dalam memilih botol susu. Nah, sebenarnya bagaimana botol susu yang tepat untuk bayi?

Dijelaskan dr.Reisa Broto Asmoro, saat memilih produk botol susu bayi, pastikan ada BPA Free dan food grade. Selain itu, karena botol terbuat dari plastik, Bunda pastikan pula botol aman untuk dipanaskan.

"Karena botol bayi, mau enggak mau harus steril kan, biasanya kita gunakan dalam suhu yang tinggi, tapi di atas 100 derajat (Celsius) jadi dipastikan dia harus dalam kemasan yang aman," tutur Reisa dalam tayangan Dr.Oz Indonesia di Trans TV.


Salah satu contohnya adalah botol platik dengan kode nomor 5, yang bisa dipanaskan di atas suhu 140 derajat Celsius. Namun, tak hanya itu, pastikan juga dotnya harus food grade dan BPA free ya, Bunda.

Saat membersihkan botol susu bayi, apa Bunda kerap menggunakan air panas? Kata Reisa, sebenarnya air panas itu fungsinya sebagai proses sterilisasi. Jadi itu memang baik. Namun, tidak hanya air panas saja ya, melainkan harus menggunakan sabun juga.

"Sabunnya juga harus hati-hati, untuk botol dot bayi, piring-piring yang bersentuhan dengan makanan bayi itu memang harus sabun khusus, agar tidak mencemari dan membuat bahan kimianya berbahaya," kata Reisa.

Bunda, Begini Cara Tepat Memilih Botol Susu BayiFoto: Thinkstock


Selain itu, pastikan mencucinya benar. Semua lapisan botol harus bersih sampai sudut-sudutnya. Setelah itu, barulah gunakan air panas untuk proses sterilisasi. Dan terakhir, kalau dotnya sudah berubah warna, harus diganti ya, Bunda.

Ditambahkan Jennifer Shu, MD, seorang dokter anak di Atlanta, bayi tumbuh sangat cepat, sangat disayangkan bila membeli botol susu bayi berukuran kecil, sebaiknya belilah yang ukuran besar, untuk menghemat biaya. Selain itu, carilah botol yang tidak mengandung banyak udara.

"Yang terbaik membeli botol dengan fitur yang meminimalkan gelembung udara, seperti sisipan drop-in, ventilasi, atau atasan bersudut," jelas Shu, dilansir Parents.

Perlu Bunda ketahui juga nih, usahakan beli botol susu bayi dengan merek yang sama dengam pompa payudara. Dengan begitu, kita dapat langsung mengeluarkan ASI ke dalamnya.

Tonton tayangan lengkapnya di sini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi