sign up SIGN UP search

menyusui

Cara Menyiapkan Diri dalam Menyapih Anak Menurut Psikolog

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 21 Oct 2022 07:30 WIB
Menyapih Anak caption
Jakarta -

Bagi sebagian Bunda, menyapih menjadi periode tersulit dalam mengasuh anak. Apalagi bagi Bunda yang memutuskan kembali bekerja.

Ada banyak drama menyapih yang sering dialami para Bunda. Salah satunya adalah ketidaksiapan untuk berpisah dengan anak.

Menyapih tanpa drama

Menyapih tanpa drama setidaknya bisa tercapai bila Bunda mengetahui kebutuhan Si Kecil sejak dini. Menurut Psikolog Anak dan Keluarga Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Bunda perlu membuat persiapan matang sebelum menyapih anak.


"Kalau menyapih tanpa drama itu jarang terjadi, pasti ada (drama). Jadi kita lihat dulu ketika menyapih ada kebutuhan-kebutuhan apa nih. Misalnya, setelah cuti kerja ada transisi ke botol untuk ASIP," kata Saskhya, dalam Media Gathering Launching Pigeon Botol T-Ester di Pabrik Pigeon, Cikande Banten, belum lama ini.

Salah satu cara untuk menyapih anak adalah menyiapkan support system. Bunda sebaiknya sudah mulai membiasakan anak bertemu orang lain yang akan menjaganya kelak bila Bunda harus bekerja.

Baca Juga : Menyapih

Pentingnya support system dalam menyapih anak

Proses menyapih dengan dibantu support system dapat mempermudah dalam pemberian ASIP ke anak. Bunda juga dapat lebih ikhlas melepas anak saat waktunya tiba.

"Kalau aku dengan anakku, mulai bulan kedua itu yang ketemu anak bukan aku doang. Jadi misalnya, kalau tidur siang beberapa kali, diawal satu kali tidur siang itu delegasi tugas ke orang lain, support-nya diatur, jadi anak terbiasa sama orang selain kita," ujar Saskhya.

"Misalnya dari direct total perlahan-lahan lalu terbiasa tidak dengan ibunya. Soalnya kalau ada ibunya, dia bisa cium aromanya, jadi itu bisa drama lagi," sambungnya.

Saat mulai menyapih, Bunda juga bisa mengomunikasikan dengan anak ya. Meski Si Kecil belum sepenuhnya paham, kita perlu membiasakan diri untuk bercerita.

Selain itu, Bunda juga dapat membuat jadwal sebelum mulai menyapih. Seperti apa? Baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 6 cara menyapih Si Kecil tanpa drama, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENYIAPKAN DIRI MENYAPIH ANAK: BUAT JADWAL RUTIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!