sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Menyapih Anak Tanpa Drama

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 11 Mar 2021 12:47 WIB
Ibu menyusui caption

Menyapih anak sama sulitnya dengan membiasakan diri dengan proses menyusui. Tantangan seringkali datang dari perasaan tidak tega Bunda ketika Si Kecil merengek meminta ASI, belum lagi soal badan yang tak nyaman akibat ASI tidak dikeluarkan. Niat menyapih pun seringkali tak berjalan mulus.

Ya, cara menyapih anak memang tidak semudah yang dipikirkan. Pada praktiknya, tak sedikit Bunda yang justru kalah sebelum berperang karena melihat tangisan anak. 

Hal ini amat dimaklumi kok, Bunda. Menyapih anak memang menjadi fase yang perlu dipersiapkan secara matang, tidak saja dari pihak Bunda tetapi juga dari si buah hati. Bunda pun dapat terus menerus memberikan pengertian pada anak sebelum masa menyapih dimulai.


Seperti diketahui bahwa berhenti menyusui secara tiba-tiba memang membuat ketidaknyamanan pada anak dan juga payudara Bunda. Karenanya, sangat tidak disarankan untuk menyapih anak secara tiba-tiba ya, Bunda.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar orang tua menyusui secara eksklusif selama 6 bulan pertama dan dapat terus menyusui sambil memperkenalkan makanan padat selama tahun pertama atau selama diinginkan bersama oleh Bunda dan bayi.

Banner Bunda Tajir

Pada praktiknya, banyak orangtua dengan senang hati menyusui lebih lama dari itu dan banyak juga yang berhenti lebih cepat dalam beberapa kasus karena berbagai alasan. Beberapa orang tua juga tidak menyusui sama sekali karena alasan tertentu.

"Apa pun yang Bunda putuskan untuk lakukan ialah keputusan yang terbaik," ujar Dr Anne Eglash, MD, seorang dokter keluarga dan konsultan laktasi di Madison, seperti dikutip dari laman NYtimes.

Untuk itu, tentukan pendekatan terbaik menurut Bunda ketika ingin menyapih buah hati. Misalnya saja dengan berupaya mengurangi frekuensi menyusui setiap harinya secara perlahan-lahan.

Lanjut baca halaman selanjutnya, Bun.

Simak informasi menarik lain soal menyapih dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



5 LANGKAH MENYAPIH TANPA DRAMA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi