sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Menyapih Anak Tanpa Bikin Rewel, Menarik Dicoba Nih, Bun

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 24 Sep 2021 16:35 WIB
Cropped shot of an attractive young woman carrying her sleeping daughter through the living room on Christmas morning caption

Jakarta - Sudah membulatkan tekad sejak jauh-jauh hari untuk menyapih anak, tetapi seringkali keinginan tersebut pupus di tengah jalan. Hayo ngaku, siapa nih yang suka seperti ini? 

Menyapih anak memang bukan proses yang mudah dilewati ya, Bunda. Seringkali, Bunda jadi maju mundur menyapih anak karena takut jadi rewel. Hmm, biar enggak galau, simak yuk, cara menyapih anak berikut ini tanpa bikin drama dan rewel di kemudian hari.

Iya, wajar-wajar saja sih, Bunda, keputusan tersebut diambil. Karena nyatanya momen menyapih anak sama besar perjuangannya seperti halnya menyusui. Nah, karenanya bagi Bunda yang lagi pusing mencari cara menyapih anak, ada baiknya membulatkan niat dan memantapkan hati agar perjalanan menyapih anak berjalan lancar dan mulus.


"Ketika Bunda berhenti menyusui, satu hal yang pasti yakni Bunda akan mengalami beberapa kejutan. Sama seperti setiap fase lainnya, menyapih anak seringkali menimbulkan sesuatu di luar yang kita pikirkan," ujar Diane Bengson, penulis How Weaning Happens dan Leader dari La Leche League International, seperti dikutip dari laman Parents.

Infografis cara menyapihInfografis cara menyapih/ Foto: HaiBunda

Menyadari hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dan beberapa risiko akan muncul, Bengson pun menyarankan para Bunda untuk melakukan beberapa langkah terlebih dahulu sebelum benar-benar menyapih anak secara total.

Sebagai langkah awal, sebaiknya Bunda mengenali kesiapan dari buah hati kapan mereka akan siap berhenti menyusui. Bunda pun dapat mengenali tanda-tanda yang dihadirkan Si Kecil sebelum akhirnya resmi menyapihnya.

Kemudian, tetapkan terlebih dahulu jadwal untuk menyapih. Pastikan Bunda meluangkan waktu khusus untuk menyapih anak secara bertahap karena tentunya proses ini tidaklah berjalan instan. 

Lakukan cara menyapih anak secara perlahan sehingga tidak ada perubahan berarti yang dirasakan Si Kecil dalam kesehariannya. Bunda dapat melonggarkan sesi menyusui setiap harinya dengan mengurangi satu sesi menyusui per minggunya. Lakukan secara bertahap ya, Bunda, sehingga buah hati tetap merasa nyaman.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak dulu yuk rekomendasi menyapih anak di masa pandemi seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



5 CARA MENYAPIH ANAK TANPA BIKIN REWEL, PATUT DICOBA NIH, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!