sign up SIGN UP search


menyusui

Beragam Tantangan Menyusui Anak 12-24 Bulan, Sedang Aktif-aktifnya Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 19 Oct 2022 07:10 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption
Jakarta -

Ketika bayi bertambah besar dan memasuki usia batita (bawah 3 tahun) atau 12-36 tahun, tentu akan ada banyak perubahan yang terjadi ya Bunda. Namun, menyusui tetap menjadi bagian internal antara Bunda dan Si Kecil.

WHO merekomendasikan ibu menyusui Si Kecil setidaknya selama 2 tahun atau lebih jika memungkinkan. Menurut data dari WHO, ASI dapat menyediakan hingga sepertiga dari kebutuhan energi anak antara 12 dan 36 bulan. Selain itu, durasi menyusui yang lebih lama juga dikaitkan dengan pengurangan risiko berbagai penyakit dan kondisi, termasuk kanker ovarium dan payudara.

Tantangan menyusui batita

Bayi yang telah menjadi batita tentu memiliki perkembangan yang berbeda sehingga mereka pun memiliki beragam perubahan dalam aktivitas menyusu. Apa saja tantangan menyusui bayi yang memasuki usia batita?


1. Aktif secara fisik

Saat ia menyusui, bayi batita biasanya tak lagi hanya sambil tertidur. Ia mungkin akan menggeliat, menendang, menarik rambut, atau pakaian Bunda.

2. Tumbuh gigi

Jumlah tumbuh gigi bisa berdampak pada balita yang menyusui ya Bunda. Gigi geraham sering muncul selama tahap ini dan bahkan mungkin lebih menyakitkan daripada gigi yang dipotong saat masih bayi. Untuk mengatasi ketidaknyamanan Si Kecil, dia mungkin akan mencari hiburan dengan sering menyusui.

3. Menyapih di malam hari

Banyak balita yang bangun untuk menyusu di malam hari. Namun, ini bukan perubahan permanen karena tumbuh gigi atau pengalaman sulit lainnya dapat mendorong balita untuk kembali menyusui di malam hari.

4. Fluktuasi suplai ASI

Busui kemungkinan besar mengalami pembengkakan payudara saat menyusui. Pada titik ini, tubuh tahu bagaimana memproduksi susu sebanyak yang dibutuhkan Si Kecil yang sedang tumbuh.

Namun, pasokan dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu, terutama berdasarkan penyapihan malam hari, jadwal kerja dan pertumbuhan Si Kecil. Ketika ibu perlu meningkatkan produksi ASI dengan cepat, Bunda dapat kembali ke strategi menyusui bayi baru lahir, seperti menyusui secara berkelompok atau memompa lebih sering saat berada jauh dari anak.

Klik halaman berikutnya untuk tahu tips menyusui batita.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang

TIPS MENYUSUI BATITA YANG AKTIF
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!