sign up SIGN UP search

menyusui

Besar atau Kecil, Apakah Ukuran Payudara Pengaruhi Jumlah ASI?

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 30 Oct 2022 12:04 WIB
Ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Bentuk dan ukuran payudara setiap Bunda tentu berbeda, ada yang besar, kecil, bulat, lonjong, lebar, sempit, tidak rata, simetris, dan penuh. Mungkin banyak yang mempertanyakan apakah bentuk dan ukuran payudara memengaruhi produk ASI.

Perlu Bunda ketahui, bahwa bentuk dan ukuran payudara tidak memengaruhi kemampuan menyusui lho. Jadi, bentuk dan ukuran apapun yang payudara Bunda miliki tidak akan memengaruhi kesuksesan menyusui.

Ukuran payudara dan jumlah ASI 

Ukuran payudara yang berbeda ini dipengaruhi pada jumlah jaringan lemak yang terkandung di dalamnya. Bunda dengan payudara lebih kecil memiliki lebih sedikit jaringan lemak, sedangkan Bunda dengan payudara lebih besar berarti memiliki lebih banyak jaringan lemak.


Harus dipahami, ASI bukan dihasilkan dari jaringan lemak tapi melalui jaringan kelenjar payudara. Berbeda dengan lemak, jumlah jaringan pembuat susu ini tidak selalu berhubungan dengan ukuran payudara.

"Ukuran payudara tentunya akan bergantung pada jumlah jaringan lemak. Dan, kelenjar susu yang ada di tubuh setiap wanita yang menghasilkan susu. Tidak peduli seberapa ukuran payudara Bunda, kelenjar susu akan menghasilkan susu sebanyak yang diperlukan," katanya seperti dikutip dari The Health Site.

Jadi, apa pun bentuk dan ukuran payudaranya setiap Bunda sepenuhnya mampu menghasilkan pasokan ASI yang sehat untuk Si Kecil. Hal yang perlu diingat, pasokan ASI tidak ditentukan oleh bentuk dan ukuran payudara, tapi dari seberapa banyak dan sering Si Kecil menyusui.

Melansir laman Babycare, saat Si Kecil menyusu hormon prolaktin akan merangsang kelenjar susu di payudara untuk mengeluarkan susu. Sehingga saat Si Kecil sering menyusu, tubuh melepaskan lebih banyak prolaktin.

Di mana ini akan membuat perintah ke payudara untuk membuat susu yang cukup untuk menyusui berikutnya.

Payudara kecil dan jumlah ASI

Mungkin Bunda dengan payudara kecil merasa khawatir tidak bisa menghasilkan ASI yang cukup untuk Si Kecil. Namun, selama ukuran payudara kecil ini tidak terkait dengan payudara hipoplastik harusnya ini bukanlah masalah.

Walaupun mungkin harus menyusui lebih sering karena jumlah ASI yang bisa ditampung oleh payudara akan lebih kecil, ini tetap dapat menghasilkan ASI yang cukup untki Si Kecil lho.

Jika Bunda masih juga merasa khawatir tidak menghasilkan cukup ASI, coba perhatikan popok basah dan buang air besar Si Kecil. Biasanya, buang air besar yang jarang dan kurangnya jumlah popok basar dalam sehari, ini patut dikhawatirkan. Untuk mengatasinya, segera hubungi dokter atau konsultan laktasi.

Klik halaman berikut yuk Bunda untuk tahu lebih lanjut tentang faktor yang memengaruhi produksi ASI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang pengaruh baby blues pada produksi ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



UKURAN PAYUDARA DAN JUMLAH ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!