sign up SIGN UP search


menyusui

Bau Badan yang Timbul saat Menyusui Ternyata Banyak Manfaatnya Lho

Siti Masitoh   |   Haibunda Selasa, 01 Nov 2022 07:10 WIB
bau badan caption
Jakarta -

Setelah berolahraga mungkin kerap kali Bunda mencium aroma yang tidak sedap dari tubuh, ini terjadi karena pengaruh hormon. Namun, jika Bunda memerhatikan dengan baik, bau keringat juga lebih sedikit menyengat saat menstruasi dan setelah memiliki Si Kecil.

Bau badan pasca melahirkan adalah hal normal yang terjadi karena beberapa alasan, tapi itu mungkin Bunda tidak akan menyukainya. Untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, simak penjelasan berikut yuk!

Penyebab bau ASI pada busui

Pada beberapa hari dan bulan setelah melahirkan, mungkin Bunda akan berkeringat dari biasanya dan tercium bau keringat pasca melahirkan yang kuat. Hal ini memang meresahkan, tapi ternyata ada alasan baik di belakangnya lho.


Perubahan aroma ini terjadi untuk membantu neonatus atau Si Kecil yang belum lama lahir karena mereka tidak bisa membuka mata, ini membantu menciptakan orientasi positif dan mengarahkan tindakan terkoordinasi untuk menyusui.

Pada dasarnya, bau ini akan mengarahkan Si Kecil ke payudara Bunda. “Selama menyusui, ibu mengeluarkan feromon yang berbeda dan dapat bertindak sebagai cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir. Ada juga air liur bayi yang menambah bau ini juga,” kata dr. Jessica Shepherd, MD, OB/GYN, dikutip pada laman Romper.

Jika ada perubahan bau tubuh pasca persalinan, ini disebabkan oleh perubahan hormonal setelah melahirkan. Bunda juga mungkin akan lebih berkeringat dari biasanya karena tubuh kehilangan begitu banyak air setelah melahirkan.

Sehingga keringat adalah salah satu cara tubuh untuk melepaskan cairan yang berlebih. Jadi, selama kehamilan, tubuh meningkatkan volume darah sebesar 160 persen untuk plasenta dan sirkulasi bayi.

Kemudian, setelah melahirkan volume ini perlu kembali ke kondisi semula, salah satu caranya adalah dengan kehilangan air dalam bentuk keringat. Bau badan juga bisa disebabkan oleh keputihan, pendarahan, dan semua cairan tubuh pasca persalinan.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut mengenai aroma tubuh yang lebih menyengat setelah melahirkan dan cara menguranginya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang kalori yang terbakar saat Bunda menyusui Si Kecil.

[Gambas:Video Haibunda]



MENGATASI BAU BADAN PASCA PERSALINAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!