sign up SIGN UP search

menyusui

Mengenal Induksi Laktasi, Metode yang Bikin Bunda Bisa Menyusui Tanpa Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 03 Nov 2022 07:10 WIB
INDUKSI LAKTASI, METODE MENYUSUI TANPA HAMIL
Newborn baby boy sucking milk from mothers breast. Portrait of mom and breastfeeding baby. Concept of healthy and natural baby breastfeeding nutrition. caption

Prosedur induksi laktasi

Jika memiliki waktu persiapan yang singkat, terapi hormon mungkin bukan pilihan. Petugas kesehatan mungkin merekomendasikan obat lain untuk membantu menginduksi laktasi. Memompa tetap penting untuk waktu apa pun yang Bunda miliki guna merangsang payudara.

Mengenai waktu berapa lama untuk menginduksi laktasi, hal tersebut dapat dibicarakan langsung dengan dokter ya, Bunda. Sejak awal, diskusikan hal tersebut dengan dokter sehingga prosesnya dapat dimulai jauh sebelum kelahiran bayi. Apalagi, produksi susu bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk memulainya. Sehingga pastikan mempersiapkan waktu tersebut dengan baik karena adakalanya stres proses adopsi juga bisa mengganggu produksi ASI.

Menurut Helen Gray, Konsultan Laktasi di Inggris bahwa kesuksesan induksi laktasi bisa tergantung pada berapa lama ibu harus memulai proses sebelum bayi lahir atau pada riwayat kesehatannya, serta kondisi hormonal dimana dapat membuat lebih sulit untuk menghasilkan ASI.


Banner Gerakan Janin

"Semakin banyak waktu yang dihabiskan, semakin baik. Meskipun dia menunjukkan bahwa beberapa orang terutama mereka yang pernah hamil dan menyusui sebelumnya akan merasa lebih mudah daripada yang lain. Setidaknya enam minggu akan mendatangkan manfaat," kata Gray seperti dikutip dari laman The Guardian.

Gray menambahkan jika ingin memiliki pasokan ASI maksimal dan memiliki waktu terbatas cobalah memeras ASI dengan pompa delapan kali sehari termasuk sekali di malam hari. Memang, hal ini membutuhkan komitmen, waktu, dan investasi energi, serta dukungan.

Untuk itu, pastikan semua faktor yang dibutuhkan terpenuhi agar proses induksi laktasi berjalan lancar ya, Bunda. Nah, bagaimana Bunda, sudah siap untuk program induksi laktasi? Semoga dilancarkan prosesnya ya, Bunda.

 

 

 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!