sign up SIGN UP search

menyusui

Ibu Menyusui Lapar di Tengah Malam? Boleh kok Lahap 4 Camilan Sehat dan Enak Ini

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 03 Nov 2022 14:40 WIB
PILIHAN CAMILAN SEHAT IBU MENYUSUI DI TENGAH MALAM
Ilustrasi kulkas caption

Lalu apakah makan di tengah malam diperbolehkan untuk Bunda yang menyusui? Perlu diingat, rasa lapar yang dirasakan adalah tanda bahwa tubuh sedang berkomunikasi mengenai apa yang dibutuhkan.

Jadi, rasa lapar bukanlah suatu hal yang harus Bunda abaikan. Tidak perlu merasa bersalah memberi makan tubuh sendiri di malam hari. Sebab semakin baik merespon rasa lapar, maka semakin mudah untuk merawat diri sendiri.

Cobalah untuk merespons rasa lapar meskipun itu datang pada sesi menyusui di malam hari. Sebab ini penting untuk mempertahankan suplai ASI saat menyusui.


Banner Gerakan Janin

Pilihan camilan sehat untuk ibu menyusui

Saat rasa lapar menyerang di malam hari selama menyusui, lebih baik Bunda pilih makanan yang sehat ya. "Camilan harus dianggap sebagai makanan mini, kombinasi serat, protein, dan lemak untuk membantu Anda merasa kenyang," ujar Janine Higbie, MS, CNS, CDN, Ahli Gizi Diet Bersertifikat dari JH Wellness.

1. Oatmeal

Misalnya, oatmeal karena merupakan salah satu makanan terbaik yang bisa meningkatkan suplai ASI.Oatmeal mengandung mangan, fosfor, tembaga, besi, selenium, magnesium, dan seng.

2. Almond

Selain oatmeal, segenggam almond juga bisa jadi pilihan untuk camilan di malam hari. Selain rasanya yang enak, almond memiliki banyak nutrisi penting, termasuk antioksidan, serat dan lemak sehat, protein, magnesium dan Vitamin E.

Almond juga bisa menurunkan kadar gula darah, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol. Yogurt juga bisa jadi pilihan Bunda untuk ngemil di malam hari karena kaya akan zat gizi mikro dan makro, seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

3. Telur rebus

Makanan lain yang disarankan adalah telur rebus, sayuran mentah yang dicelupkan ke dalam hummus, dan batangan multigrain. Kemudian, camilan rumput laut dengan alpukat juga bagus untuk mendapatkan yodium yang tubuh butuhkan.

4. Roti

Bunda juga bisa memilih sepotong roti gandum atau roti dengan serat tinggi ditambah topping selai kacang dan irisan buah beri atau pisang. Membuat smoothie juga bisa jadi pilihan dengan menambahkan bubuk protein.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!