sign up SIGN UP search

menyusui

Pil KB untuk Busui, Jenis Apa saja yang Aman Digunakan?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 05 Nov 2022 11:00 WIB
suplemen herbal ibu menyusui caption
Jakarta -

Pil KB untuk busui banyak diandalkan sebagai proteksi kehamilan selama menyusui. Selain efektif, alat kontrasepsi ini juga mudah penggunaannya.

Setelah melahirkan, tak sedikit ibu yang langsung menggunakan alat kontrasepsi guna mencegah kehamilan. Apalagi, menstruasi akan kembali kapan saja dari sekitar enam minggu hingga tiga bulan pasca persalinan.

Sehingga, dibutuhkan proteksi kehamilan bagi ibu yang memang menunda kehamilan atau tidak berencana untuk menambah kembali buah hati.


Pil KB untuk ibu menyusui yang aman digunakan

Menyusui memang dapat bekerja sebagai bentuk pengendalian kelahiran dengan menunda kembalinya menstruasi. Namun, hal ini hanya berhasil jika menyusui yang dilakukan sering dan teratur.

Secara khusus, menyusui sebagai kontrasepsi hanya berfungsi jika bayi usianya kurang dari enam bulan, menstruasi belum datang kembali, dan ibu menyusui secara eksklusif menyusui bayi sesering mungkin sesuai permintaan bayi siang dan alam. 

Meski demikian, setelah bayi berhenti menyusu eksklusif, metode ini bukanlah kontrasepsi yang efektif dan Bunda perlu memilih bentuk kontrasepsi lainnya sebagai alat untuk proteksi kehamilan.

Beberapa alat KB memang aman digunakan saat Bunda menyusui. Misalnya saja pil KB untuk busui, kondom, suntikan, implan, IUD, dan KB steril, seperti dikutip dari laman Betterhealth.

Levonorgestrel emergency contraceptive pill (LNG-ECP) juga menjadi salah satu dari dua jenis pil kontrasepsi darurat yang dikenal sebagai morning after pill. Kontrasepsi tersebut cukup efektif saat digunakan.

Namun, perlu juga diketahui bahwa ada metode kontrasepsi yang tidak dianjurkan saat sedang menyusui seperti pil kontrasepsi kombinasi estrogen/progesteron. Biasanya, pil ini tidak dianjurkan sebelum enam minggu karena dapat mengurangi produksi ASI. Selain itu, vaginal ring juga tidak direkomendasikan karena alasan yang sama dengan pil kontrasepsi kombinasi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang rekomendasi pil KB yang bagus untuk kulit.

[Gambas:Video Haibunda]



PIL KB UNTUK BUSUI, APA SAJA YANG AMAN DIGUNAKAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!