sign up SIGN UP search


menyusui

3 Penyebab Bayi Muntah ASI, Mungkin karena Makanan yang Bunda Lahap?

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 09 Nov 2022 07:11 WIB
Ilustrasi bayi caption
Jakarta -

Bunda tentu tidak asing dengan kosakata 'gumoh' ya. Istilah yang merujuk pada muntahnya ASI yang keluar dari mulut Si Kecil ini disebut happy spitter dalam bahasa medis, Bunda. 

Verywellfamily menjelaskan, happy spitter atau gumoh merupakan kondisi normal bagi bayi untuk memuntahkan ASI dan susu formula ya. Hal ini karena Si Kecil meludah setelah menyusu bahkan kadang setiap kali menyusu, dan sering mengeluarkan susu saat bersendawa.

Meskipun tergolong normal dan ini hanya salah satu dari sekian hal yang terjadi pada Si Kecil, terdapat beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk membantu mencegahnya dan membuat Si Kecil tetap nyaman. Sebab ada juga tanda-tanda yang harus diwaspadai yang mungkin menunjukkan bahwa gumoh memerlukan evaluasi dokter, Bunda. Yuk ketahui lebih lanjut. 


Tiga penyebab Si Kecil muntah ASI

Melansir dari Pregnancybirthbaby, muntahnya ASI oleh Si Kecil ini karena sistem pencernaannya masih berkembang, Bunda. Umumnya, muntah ringan terjadi karena bayi yang kecil, masih membiasakan diri untuk menyusu, mencerna, dan mengeluarkan ASI.

Rata-rata, perut bayi yang baru lahir dapat menampung sekitar 20 mililiter, sehingga tidak perlu banyak susu untuk mengisinya. Makanya kemudian, dia memuntahkan kelebihannya. Oleh karenanya, lebih banyak gumoh dalam beberapa bulan pertama daripada setelahnya. Saat bayi menyusu, susu turun ke tenggorokan ke kerongkongan dan kemudian ke perut.

Kerongkongan terhubung ke perut oleh cincin otot yang disebut sfingter esofagus bagian bawah, Bunda. Sfingter ini terbuka untuk membiarkan susu masuk ke perut dan kemudian segera menutup kembali, tetapi 'pintu jebakan' ini tidak dapat diandalkan seperti yang seharusnya sampai sekitar usia 6 bulan ketika lebih matang. Hal ini dapat menyebabkan aliran balik susu yang menyebabkan gumoh.

Selain itu, tiga alasan utama bayi gumoh sesuai ulasan Verywellfamily:

1. Makan berlebihan

Makan terlalu banyak atau terlalu cepat bisa menjadi penyebabnya karena perut bayi kecil. Bayi yang minum terlalu banyak susu setiap kali menyusu mungkin akan kenyang—dan susu ekstra yang tidak dapat ditampung oleh perutnya hanya memiliki satu cara.

2. Sensitivitas atau alergi makanan tertentu 

Alergen dapat ditransfer ke dalam ASI dan menyebabkan Si Kecil muntah, Bunda. Untuk itu, walau sedang selektif pada jenis makanan tertentu, pastikan tidak berdampak buruk pada Si Kecil ya. 

3. Menelan udara selama menyusui

Si Kecil yang minum sangat cepat dapat menelan udara bersama dengan susu, Bunda. Ini terutama jika Bunda mempunyai persediaan ASI yang melimpah. 

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara mengatasi gumoh setelah menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENANGANI SI KECIL SAAT MUNTAH ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!