sign up SIGN UP search

menyusui

Perbedaan Menyusui Anak Pertama dan Kedua, Bunda Mungkin Lebih Pede atau Malah Cemas

Siti Masitoh   |   Haibunda Selasa, 08 Nov 2022 07:10 WIB
Breastfeeding. Young mother feeding her baby in the park and other daughter was playing with her sister. caption
Jakarta -

Pengalaman menyusui setiap Bunda memang berbeda-beda ya, tapi mungkin hampir kebanyakan merasakan perbedaan saat menyusui bayi pertama dan bayi kedua. Misalnya, mungkin saat menyusui Si Kecil untuk pertama kalinya ada hal-hal tidak terduga yang terjadi di luar rencana.

Tapi, mungkin saat menyusui bayi kedua Bunda sudah memiliki pengalaman yang lebih baik tentang menyusui sehingga bisa dihadapi dengan lebih mudah. Pengalaman menyusui bayi pertama dan kedua tentu tidak akan sama, tapi ada beberapa pengalaman umum yang Bunda alami saat menyusui yang pertama dan kedua.

Perbedaan menyusui anak pertama dan kedua

Melansir laman Romper, menyusui untuk kedua kalinya mungkin akan terasa lebih mudah. Sebab pada pengalaman pertama mungkin keresahan lebih banyak terjadi dan belum tau bagaimana menyusui dengan benar. Tapi, pada pengalaman kedua biasanya Bunda akan belajar dari pengalaman sebelumnya sehingga semua akan berjalan dengan lebih mudah.


Melansir laman Verywellfamily, terdapat beberapa perbedaan yang mungkin terjadi, secara fisiologis ataupun emosional. Simak penjelasan berikut yuk Bunda!

Kehamilan pertama tentu berkaitan dengan menyusui pertama kalinya. Di masa ini, Bunda tentu akan merasa khawatir jika mengalami suplai ASI rendah atau adanya keterlambatan ASI. Namun, biasanya Bunda akan menghasilkan lebih banyak susu untuk kedua kalinya, terutama dalam beberapa hari pertama pasca persalinan.

Mengapa suplai susu pada kebanyakan Bunda lebih tinggi pada bayi kedua adalah karena kelenjar susu memiliki cara bagaimana mengingat cara membuat susu. “Ada beberapa bukti ilmiah bahwa kelenjar susu membentuk semacam memori jangka panjang tentang kehamilan yang membuatnya merespons perubahan hormonal pada kehamilan berikutnya,” kata Jenelle Ferry, MD, ahli neonatologi dan direktur pemberian makan, nutrisi, dan perkembangan bayi di Pediatrix Neonatology of Florida.

Namun, ada hal-hal lain yang juga memengaruhi suplai ASI secara keseluruhan selama kehamilan kedua lho, seperti seberapa sering Si Kecil mennyusui. Sebab semakin sering Si Kecil menyusu, akan membantu membangun dan mempertahankan suplai ASI.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tau lebih lanjut tentang perbedaan menyusui anak pertama dan kedua.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 kesalahan menyusui yang bisa bikin Bunda stres.

[Gambas:Video Haibunda]



PERBEDAAN MENYUSUI ANAK PERTAMA DAN KEDUA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!