sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Kenali Yuk Penyebab Bayi Sering Gumoh

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 13 Mar 2021 11:45 WIB
Sleeping baby caption

Usai menyusui, tak sedikit bayi yang kemudian gumoh. Bagi Bunda yang baru memiliki buah hati, biasanya hal ini kerap membuat panik untuk mengatasinya.

Ya, hal ini memang wajar terjadi ya, Bunda. Ketika bayi sering gumoh, sebaiknya memang Bunda tidak perlu stres menghadapinya. Menurut William Byrne, MD, Chief of Pediatric Gastroenterology di Doernbecher Children Hospital di Portland mengatakan sebanyak 70 persen bayi di bawah 3 bulan akan mengalami gumoh tiga kali sehari. Dan bahkan sangat normal ketika mengalami lebih dari itu.

Jika bayi Bunda terus gumoh dalam dua jam setelah menyusu namun ia tampak biasa saja, kemungkinan ia mengalami gastroesophageal reflux (GER). Kondisi ini biasanya memuncak pada usia sekira 4 bulan, ketika dua pertiga bayi memiliki gejala, menurut National Institutes of Health. Hal ini dikarenakan ring dari otot yang memisahkan bagian bawah kerongkongan bayi dari perut masih berkembang dan memungkinkan isi perut kembali keluar.


Banner Aprilia Manganang

"Bayi perlu mengonsumsi banyak kalori untuk mendukung pertumbuhannya yang cepat sebanyak tiga hingga empat kali lebih banyak dari berat badan orang dewasa. Ditambah lagi, mereka cenderung menelan udara ketika mengisap. Akibatnya, perut jadi sangat kenyang dan bayi cenderung mengeluarkan apa yang dimakan," ujar Byrne, seperti dikutip dari laman Parents.

Dipaparkan Byrne bahwa Bunda tidak perlu khawatir karena meskipun bayi gumoh dan mengeluarkan apa yang sudah dimakannya setelah menyusui, tetapi bayi sudah cukup mengonsumsi nutrisi yang diisapnya.

"Jadi, jangan memberikan bayi Bunda dengan lebih banyak ASI ketika mereka gumoh usai menyusu. Faktanya, makan berlebihan justru dapat menyebabkan lebih banyak refluks," tambahnya.

Perlu Bunda tahu bahwa pada bayi yang baru lahir, sistem pencernaannya masih berkembang sehingga terjadi lebih banyak gumoh dalam beberapa bulan pertama dibandingkan ketika ia makin besar. Dan, ketika bayi menyusu, ASI akan turun dari tenggorokan ke kerongkongan dan kemudian ke perut, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga cara mengatasi bayi gumoh dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BISA KARENA ALERGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi