sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Mata Bayi Belekan Ditetesi ASI? Simak Penjelasan Pakar Laktasi

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 10 Nov 2022 07:10 WIB
Mata bayi baru lahir Bolehkah Mata Bayi Belekan Ditetesi ASI? Simak Penjelasan Pakar Laktasi /Foto: iStockphoto
Jakarta -

Ada banyak referensi yang menyebutkan berjuta manfaat ASI, Bunda. Karena manfaatnya yang sangat berharga, Todays Parent bahkan menyebut ASI adalah salah satu emas cair yang berperan penting menunjang kesehatan manusia bahkan sejak pertama kali lahir. 

Kandungan ASI terdiri dari nutrisi penting berisi air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, zat antibodi, dan enzim. Karena kandungannya yang demikian penting, ASI dipercaya dapat mengurangi risiko bayi terkena penyakit tertentu, seperti diare, ISPA , pneumonia, asma, obesitas, dan diabetes, Bunda. 

Sementara melansir dari Medela, tidak hanya mengurangi resiko penyakit tertentu, karena kandungan nutrisinya yang luar biasa, ASI juga diyakini bisa menjadi obat untuk beberapa bagian tubuh bayi yang sedang tidak fit lho, Bunda. Termasuk belekan pada mata. Apa benar demikian? Yuk simak terus ya. 


Mata bayi belekan ditetesi ASI, amankah?

Berdasar ulasan Todays Parent, hampir semua Bunda tentu tahu tentang manfaat luar biasa dari kandungan nutrisi ASI yang tidak hanya berguna untuk kekebalan tubuh, tetapi juga memberi makan bayi. Hal mengejutkan lainnya, ASI mempunyai kegunaan praktis dan menakjubkan. Termasuk mengobati segala sesuatu mulai dari puting Bunda yang lecet hingga mata sembap bayi lho.

“Ini adalah cairan tubuh yang luar biasa dan mencengangkan,” kata konsultan laktasi bersertifikat Shery Leeder. "Jika ragu, cobalah, karena itu tidak akan menyakitkan, dan Anda mungkin benar-benar menemukan sesuatu yang sebenarnya cukup membantu," ujarnya dikutip dari Todays Parent.

Melansir dari website resmi IDAI, ASI disebut efektif dalam mengendalikan infeksi pada Si Kecil, Bunda. Penelitian oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) membuktikan bahwa pemberian ASI sampai usia 2 tahun dapat menurunkan angka kematian anak akibat penyakit diare dan infeksi saluran napas akut.  

Tidak hanya itu, berbagai faktor perlindungan ditemukan di dalam ASI, termasuk antibodi IgA sekretori (sIgA), Bunda. Saat menyusui, IgA sekretori akan berpengaruh terhadap paparan mikroorganisme pada saluran cerna bayi dan membatasi masuknya bakteri ke dalam aliran darah melalui mukosa (dinding) saluran cerna. 

Peran perlindungan ASI terdapat pada tingkat mukosa. Pada saat ibu mendapat kekebalan pada saluran cernanya, kekebalan di dalam ASI juga terangsang pembentukannya.

Keadaan ini yang menerangkan mengapa menyusui dapat melindungi bayi baru lahir terhadap berbagai infeksi secara efektif. Berbagai penelitian juga melaporkan bahwa ASI dapat mengurangi kejadian dan beratnya penyakit diare, infeksi saluran napas, radang telinga tengah (otitis media), radang selaput otak (meningitis), infeksi saluran kemih, dan infeksi saluran cerna yang disertai kematian jaringan (enterokolitis nekrotikan). 

Yuk, Bunda klik halaman selanjutnya untuk tahu keamanan meneteskan ASI pada mata bayi yang belekan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang manfaat menyusui lebih dari 2 tahun untuk Bunda dan Si Kecil.

[Gambas:Video Haibunda]



MENGGUNAKAN ASI UNTUK BELEKAN PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!