sign up SIGN UP search


menyusui

10 Tips Mengatasi Bayi yang Ingin Menyusu 1 Payudara Saja, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Minggu, 13 Sep 2020 12:09 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Terkadang bayi ingin menyusu satu payudara saja, dan menolak payudara sebelahnya. Namun, ada pula yang benar-benar selalu menolak dan terus menyusu dari satu payudara saja. Normalkah demikian?

Jawabannya, iya normal kok, Bunda. Bayi, terutama yang baru lahir, mungkin memiliki periode memilih satu payudara daripada payudara lainnya. Bunda mungkin memperhatikan bayi rewel, menarik diri, atau hanya menolak untuk menyusu dari salah satu payudara.

Apa kira-kira sebabnya? Dilansir Baby Centre, bayi baru lahir mungkin menolak salah satu payudara karena lebih sulit untuk menempel atau melakukan perlekatan karena alasan tertentu. Misalnya, payudara yang ditolak mungkin lebih besar atau memiliki perbedaan pada puting.


Sementara, bayi yang usianya lebih tua mungkin menolak salah satu payudara karena suplai ASInya rendah atau aliran ASInya lebih lambat dibandingkan payudara satunya. Nah, di sini perlu Bunda ingat bahwa preferensi payudara bayi dapat memperburuk situasi suplai ASI, lho.

Ada pula yang lebih nyaman digendong di satu sisi dibandingkan sisi lainnya. Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasinya? Sebelum terlambat, simak sepuluh tips mengatasi bayi yang ingin menyusu 1 payudara saja menurut konselor laktasi Kelly Bonyata, BS, IBCLC, dilansir Kelly Mom:

1. Pertama cobalah sodorkan bayi pada payudara pilihan dan kemudian setelah terjadi let-down, geser dia ke sisi lain tanpa mengubah posisi tubuhnya. Misalnya, mulai dengan dia dalam posisi buaian dan kemudian geser dia ke posisi football hold.

2. Teruslah mencoba posisi menyusui yang berbeda.

3. Tawarkan payudara yang jarang disusui kepada bayi saat ia baru bangun tidur tetapi belum sepenuhnya bangun atau sudah agak mengantuk. Dia lebih cenderung menyusui secara naluriah saat ini.

4. Menyusui di ruangan yang gelap dan sunyi. Penglihatan bayi belum sebaik orang dewasa, sehingga kita bisa menyodorkan payudara satunya.

5. Sodorkan payudara yang sebelumnya ditolak, kemudian Bunda coba berjalan atau mengayunkan sampai bayi mulai
menyusu dengan baik.

6. Jika let-down di sisi yang kurang disukai terlalu lambat, Bunda coba mandi air hangat sebelum menyusui atau banyak minum air putih.

7. Jika suplai ASI di sisi payudara yang ditolak bayi itu ternyata rendah, coba pumping dahulu bagian tersebut.

8. Jika bayi tampaknya menginginkan aliran yang lebih cepat dari sisi yang kurang ia sukai, coba lakukan kompresi payudara untuk mempercepat aliran.

9. Kesabaran dan ketekunan adalah kuncinya. Teruslah mencoba, dan puji bayi saat dia menyusui dengan baik. Seringkali bayi akan menyusu pada payudara yang kurang disukai seiring berjalannya waktu.

10. Jika bayi menolak atau jarang menyusu di satu sisi, Bunda mungkin perlu memompa sisi ini sesering bayi menyusu di sisi yang lain untuk menjaga suplai ASI Anda dengan lebih baik.

Semoga tips di atas bisa membantu Bunda untuk mengatasi si kecil yang ingin menyusu pada satu payudara saja ya.

Simak juga drama ASI yang dialami Eriska Rein melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi