sign up SIGN UP search

menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Makanan Bersantan? Simak Penjelasan Dokter

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 07:16 WIB
Sayur Lodeh or vegetable soup with coconut milk, delicious of traditional indonesian food. Consists of chayote, long beans, eggplant, cabbage and coconut milk. Served in bowl, close up. Bolehkah Ibu Menyusui Makan Makanan Bersantan? Simak Penjelasan Dokter/Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti
Jakarta -

Makan makanan bersantan seperti tongseng, soto betawi, dan lontong sayur memang menggugah selera ya, Bunda. Tidak saja gurih nikmat yang berpadu dengan bumbu-bumbu di dalamnya, tetapi juga membuat nafsu makan menggelora.

Hmm, sebenarnya, bolehkah ibu menyusui memakan makanan bersantan ya, Bunda?

Ibu menyusui makan makanan bersantan

Selama menyusui, asupan bergizi memang menjadi prioritas ya, Bunda. Apalagi, ASI menjadi satu-satunya asupan bayi sejak lahir secara eksklusif hingga 6 bulan dan dilanjutkan hingga dua tahun. Tentu saja, kualitas ASI perlu dijaga dengan sumber makanan dengan gizi seimbang. 


Asupan seperti buah-buahan dan sayuran menjadi deretan makanan yang perlu dijadikan asupan rutin ya, Bunda. Memang, sesekali mengonsumsi makanan yang pedas ataupun bersantan sah-sah saja. Asalkan, Bunda dalam mengonsumsinya tidak berlebihan.

"Ibu menyusui boleh saja makan makanan bersantan, keamanan yang perlu diperhatikan sama dengan semua makanan pada umumnya yaitu dengan memastikan makanan bersih dan segar dengan jumlah sewajarnya," ujar dr Utami Indra Putri, Konselor Menyusui dan Pemberian Makan Bayi & Anak kepada HaiBunda melalui pesan singkat, baru-baru ini.

Mengenai frekuensi makan makanan bersantan, dr Utami menjelaskan bahwa ibu menyusui maupun sedang tidak menyusui perlu makan gizi seimbang. Santan sendiri diketahui mengandung lemak jenuh tinggi dan boleh dimakan selama masih dalam batas sewajarnya, misal 1 porsi dari 1 jenis hidangan saja dalam sehari. Di luar itu, diperlukan variasi makanan lainnya agar kebutuhan gizi ibu menyusui terpenuhi.

Nah, seringkali memang banyak Bunda di luar sana yang mengolah makanan bersantan tetapi mengganti santan tersebut dengan susu. Mengenai hal ini, dr Utami mengatakan boleh-boleh saja mengganti santan dengan susu. Tetapi perlu diketahui bahwa kandungan gizi santan dan susu tidak sama dan keduanya baik dikonsumsi sewajarnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 pantangan makanan untuk ibu menyusui, bisa bikin bayi rewel.

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH IBU MENYUSUI MEMAKAN MAKANAN BERSANTAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!