sign up SIGN UP search


menyusui

4 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui, Bisa Bikin Bayi Rewel hingga Kembung

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 06 Sep 2022 13:15 WIB
Mother calming her crying baby girl caption
Jakarta -

Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui sering kali tidak terlalu diperhatikan. Padahal, ada beberapa makanan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu menyusui karena dikhawatirkan dapat mengganggu pasokan ASI.

Selama menyusui, kebutuhan nutrisi ibu dan bayi penting diperhatikan secara detail ya, Bunda. Berbeda halnya saat tidak menyusui, berbagai makanan yang dilarang untuk ibu menyusui penting dihindari ya, Bunda, selama masa menyusui.

Berikut ini merupakan beberapa jenis bahan makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari atau dibatasi oleh ibu menyusui demi kualitas ASI yang baik untuk Si Kecil. 


Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Berikut daftar makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.

1. Kafein

Salah satu yang perlu dihindari bagi busui yakni asupan kafein seperti kopi, teh, dan soda berkafein. Mengonsumsi kafein saat menyusui banyak diketahui dapat membuat bayi lebih rewel dan sensitif. Karena itu, pertimbangkan untuk mengonsumsinya ketika menyusui ya, Bunda.

Pertimbangkan kembali untuk mengurangi asupan kafein atau menunggu untuk memperkenalkan kembali kafein sampai bayi berusia lebih besar ya, Bunda.

Penelitian menunjukkan bahwa pada usia tiga hingga enam bulan, sebagian besar tidur bayi tidak terpengaruh oleh konsumsi kafein ibu.

"Berdasarkan bukti klinis yang ada, disarankan untuk menunggu  bayi setidaknya sampai usia tiga bulan untuk memperkenalkan kafein ke dalam makanan harian dan kemudian mengawasi bayi untuk melihat tanda-tanda ketidaknyamanan atau kegelisahan yang mungkin muncul,"ujar Alicia C. Simpson, MS RD, IBCLC, LD, seperti dikutip dari laman Parents.

2. Ikan berpotensi merkuri

Kemudian, makanan yang dilarang untuk ibu menyusui yakni spesies ikan merkuri tinggi seperti ikan todak, hiu, makarel, marlin, tuna mata besar, tilefish dari teluk Meksiko, dan lainnya.

Tetapi, ikan memang tidak dilarang saat ibu menyusui, selama Bunda membatasi jumlah yang dimakan dan memilih ikan serta makanan laut rendah merkuri. Bahkan, disarankan agar ibu menyusui makan 8-12 ons ikan rendah merkuri setiap minggu, yang merupakan sumber DHA dan EPA, dua asam lemak omega-3 yang sulit ditemukan dalam makanan lain seperti dikutip dari laman Baby Center.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 makanan untuk ibu menyusui yang bikin bayi sulit BAB.

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN YANG DILARANG UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!