sign up SIGN UP search

menyusui

Puting Payudara Gatal saat Menyusui? Coba Ganti Detergen Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 27 Dec 2022 07:48 WIB
Payudara gatal caption
Jakarta -

Puting payudara gatal sangatlah tidak nyaman ya, Bunda. Ingin menggaruk terus menerus tetapi khawatir malah lecet. Hmm, apa sih penyebabnya ya, Bunda?

Mengenal penyebab puting payudara gatal memang sangat beragam alasannya ya, Bunda. Mulai dari sensitivitas kulit biasa hingga masalah yang lebih serius. Namun, gatal memang tidak selalu merupakan gejala tunggal. Bergantung pada penyebabnya, puting payudara gatal mungkin bisa terasa lunak atau kering, terasa terbakar atau menyengat, tampak merah muda atau merah, terasa nyeri, atau terlihat retak atau berkerak.

"Puting yang gatal baik di areola atau di sekitar puting sebenarnya ialah kondisi yang cukup umum," ujar Dr Sherry A. Ross, M.D, seorang obgyn seperti dikutip dari laman Shape.


Puting payudara gatal

Berbagai penyebabnya memang bisa karena berbagai hal ya, Bunda. Termasuk karena detergen beraroma yang kurang cocok di kulit. Biasanya, detergen yang menggunakan pewangi sangat pas untuk mengharumkan pakaian agar tetap segar. Tetapi, ada kalanya hal ini malah jadi salah satu penyebab puting gatal paling umum, kata Dr Ross.

Ketika bahan kimia dalam sabun, detergen, dan pelembut kain terlalu keras untuk kulit, mereka dapat menyebabkan dermatitis kontak, suatu kondisi  kulit menjadi merah, perih, meradang, dan gatal. 

Selain penyebab tersebut, beberapa penyebab puting payudara gatal lainnya juga bisa disebabkan karena hal berikut ya, Bunda:

  • Alergi

Kulit sebagian orang mudah bereaksi terhadap pemicu tertentu. Jika Bunda alergi atau sensitif terhadap sesuatu dan menyentuh kulit, itu dapat menyebabkan gatal dan terkadang bahkan ruam. Reaksi ini disebut dermatitis kontak, seperti dikutip dari laman Goodrx.

  • Pakaian dalam 

Sama seperti produk kulit yang dapat menyebabkan reaksi kulit dan gatal, begitu pula dengan pakaian dalam. Karena itu, pastikan pakaian dalam tidak terlalu ketat karena juga bisa menyebabkan puting gatal terutama jika banyak gesekan.

  • Kondisi kulit

Kondisi kuit tertentu dapat mempengaruhi puting payudara secara langsung dan menyebabkan gatal juga seperti eksim dimana terjadi karena peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit gatal dan kering. 

  • Kanker payudara

Kanker payudara dapat menyebabkan puting gatal. Penyakit paget merupakan jenis kanker yang menyebabkan puting gatal dan ruam. Gatal akibat ini biasanya hanya menyerang satu puting dan tidak akan hilang dengan perawatan topikal.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda untuk tahu penyebab lainnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang kenali perubahan pada puting payudara selama menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



PUTING PAYUDARA GATAL? INI PENYEBAB & CARA MENGATASINYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!