sign up SIGN UP search

menyusui

Menyusui Mampu Kurangi Risiko Pneumonia pada Bayi Baru Lahir

Melly Febrida   |   Haibunda Sabtu, 24 Dec 2022 10:30 WIB
Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Menyusui ini memang mempunyai banyak manfaat, baik bagi Bunda maupun bayinya. Salah satu manfaat menyusui bisa mengurangi risiko pneumonia pada bayi baru lahir.

Pneumonia ini sebenarnya penyakit umum, bisa mengancam jiwa dan rentan diderita banyak bayi. Pneumonia juga dapat didefinisikan sebagai infeksi paru-paru yang menyebabkan batu, demam, dan masalah pernapasan. 

Pneumonia bisa disebabkan bakteri atau virus, kebanyakan bayi dapat pulih jika diberikan perawatan dan pengobatan yang tepat. Namun, pneumonia menjadi salah satu penyebab kematian pada bayi.


Menyusui kurangi risiko pneumonia

Melansir laman Healtshots, Dr Amit Gupta, seorang Konsultan Senior Dokter Anak dan Neonatologis, Motherhood Hospital, Noidapneumonia menjelaskan pneumonia menjadi penyebab kematian paling umum pada anak usia di bawah lima tahun di seluruh dunia. 

Studi yang sudah dilakukan berulang kali menunjukkan bahwa bayi yang disusui secara eksklusif selama enam bulan dapat mengurangi risiko bayi mengalami infeksi gastrointestinal dan pernapasan ketimbang bayi yang disusui kurang dari enam bulan. 

Pada penelitian terungkap bahwa bayi yang disusui selama 4 atau kurang dari 6 bulan berkemungkinan 4 kali lebih besar mengembangkan pneumonia selama 2 tahun pertama kelahirannya. Ibu yang menyusui bayinya selama 6 bulan memiliki tingkat kekebalan yang lebih baik dan berisiko lebih kecil untuk menderita Pneumonia.

Jadi menyusui merupakan intervensi penting untuk menurunkan morbiditas pneumonia selama 23 bulan pertama kehidupan.

Apa yang membuat bayi yang disusui berisiko kecil mengalami pneumonia? Ada banyak yang ditawarkan dari ASI, antara lain kombinasi vitamin, mineral, dan antioksidan khusus dan disesuaikan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan utama menyusui:

Gupta mengatakan bahwa menyusui ini memberikan kekebalan alami pada bayi dan membantunya menjaga diri dari berbagai penyakit seumur hidup dengan membentuk antibodi. 

Air Susu Ibu (ASI) memberikan sistem kekebalan bayi respons multi-segi – maturasi, anti-inflamasi, imunomodulator, dan antimikroba. Ini artinya, semua yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang ada di dalam ASI.

Antibodi ini, kata Gupta, dapat memberikan perlindungan dari infeksi telinga yang menyakitkan, penyakit pernapasan bagian atas dan bawah, alergi, gangguan usus, pilek, virus, infeksi strep dan e coli, diabetes, rheumatoid arthritis remaja, banyak kanker masa kanak-kanak, meningitis, pneumonia, saluran kemih, dan masih banyak lagi.

Ketahui berbagai manfaat ASI di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang kalori yang terbakar saat Bunda menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



KEUNGGULAN ASI UNTUK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!