sign up SIGN UP search

menyusui

Bila Bayi ASI Susah Gemuk, Bolehkah Diberi Susu Formula?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 29 Dec 2022 13:53 WIB
Ilustrasi 5 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi di Atas 6 Bulan caption
Jakarta -

Ketika menyusui, kesulitan naik berat badan pada bay menjadi kekhawatiran tersendiri ya, Bunda. Apalagi keputusan pun rasanya ingin diambil saat bayi ASI susah gemuk. Lantas, bolehkan bayi ASIĀ susah gemuk diberi susu formula?

Jika ibu menyusui khawatir mengenai pasokan ASI-nya mungkin jadi hal yang dialami banyak ibu di luar sana. Kemungkinan besarnya, banyak yang kemudian berpikir untuk menambahkan susu formula pada bayi yang disusuinya.

Sayangnya, seringkali banyak ibu yang tak menyadari bahwa sebenarnya dirinya memiliki cukup ASI untuk bayinya dan keputusan menambahkan susu formula bahkan dapat mengurangi produksi ASI-nya. Sehingga, ada baiknya memastikan bahwa bayi Bunda mendapatkan hasil maksimal dari suplai ASI sendiri.


Bayi ASI susah gemuk diberi susu formula

"Menambahkan susu formula belum tentu membantu bayi mendapatkan cukup ASI. Tubuh akan membuat ASI berdasarkan permintaan dan penawaran. Jadi, bayi akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan setiap kali mereka menyusui," ujar Christine Griffin, pakar laktasi.

Kekhawatiran tentang jumlah susu yang dibutuhkan bayi mereka biasanya jadi alasan umum Bunda memutuskan untuk berhenti menyusui atau memberikan bayinya susu formula selain ASI. Ini terkadang disebut pemberian makan campuran atau kombinasi, seperti dikutip dari laman Baby Centre.

Saat melakukan pemberian susu formula selain menyusui sedianya dapat mengurangi suplai ASI. Mengganti ASI dengan susu formula mengirimkan sinyal ke payudara untuk menghasilkan lebih sedikit ASI. Maka, biasanya pemberian susu formula akan dilakukan terus menerus untuk memuaskan nafsu makannya. Pada akhirnya, busui akan menemukan diri dalam siklus yang sulit dilepaskan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 dampak buruk memberikan ASI yang diselingi susu formula.

[Gambas:Video Haibunda]



BAYI ASI SUSAH GEMUK, BOLEHKAH DIBERI SUSU FORMULA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!