sign up SIGN UP search

menyusui

Muncul Infeksi Jamur pada Payudara saat Menyusui? Ini Cara Mencegah & Mengobatinya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 03 Feb 2023 11:27 WIB
Close up portrait of beautiful young mother asian carrying little baby girl in home and sunlight in the morning. Healthcare, love, relationship concept caption
Jakarta -

Infeksi jamur pada payudara saat menyusui rawan terjadi. Ibu menyusui perlu mewaspadainya dan juga mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengobatinya.

Selama menyusui, infeksi jamur biasa terjadi ya, Bunda. Ragi yang disebut Candida menyebabkan infeksi jamur yang disebut kandidiasis. Ragi merupakan sejenis jamur dan banyak jenis ragi yang secara alami hidup di kulit. Ini biasanya tidak menimbulkan masalah pada orang sehat. Tapi, bila ada pertumbuhan berlebih dari Candida, ragi bisa berkembang di bawah kulit dan menyebabkan infeksi.

Infeksi jamur pada payudara saat menyusui

Kandidiasi dapat terjadi hampir dimana saja di tubuh. Tetapi, paling sering ditemukan di lingkungan yang hangat dan lembab. Puting pecah-pecah memberikan lingkungan yang sempurna bagi Candida untuk tumbuh dan berkembang.


Saat menyusui, bayi dapat menginfeksi dengan sejenis kandidiasis oral yang disebut thrush. Ini merupakan infeksi jamur pada mulut yang umum terjadi pada bayi. Thrush bisa berpindah ke puting dan terkadang baik Bunda dan bayi dapat menularkan infeksi jamur bolak balik satu sama lain, seperti dikutip dari laman Cleveandclinic.

Gejala paling umum dari infeksi jamur ialah nyeri puting dan payudara. Bunda mungkin akan merasakan nyeri menusuk atau menusuk jauh di dalam payudara. Bunda mungkin merasakan sakit ini selama atau setelah menyusui. Rasa sakit tidak hilang setelah mengubah posisi atau pelekatan bayi. Juga, puting Bunda mungkin terasa lembut saat disentuh. Selain itu, Bunda mungkin merasakan sakit saat pakaian bersentuhan dengan puting.

Gejala infeksi jamur pada payudara busui

Tanda lain dari infeksi jamur puting meliputi:

  1. Adanya sensasi terbakar atau menyengat
  2. Puting gatal
  3. Puting berwarna cerah atau merah mudah cerah
  4. Puting pecah-pecah
  5. Areola kering atau terkelupas
  6. Ruam dengan lepuh kecil
  7. Mungkin ada tanda-tanda sariawan di mulut bayi

Karena Candida tumbuh subur di area yang lembab dan gelap, kunci untuk mencegahnya yakni dengan menjaga semuanya tetap bersih dan kering, seperti dikatakan Donna Murray, RN, BSN, dikutip dari laman Very Well Family.

Ilustrasi menyusuiIlustrasi menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/kdshutterman

Cara mencegah infeksi jamur pada payudara busui

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah adanya infeksi jamur pada ibu menyusui:

1. Sering cuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan yang baik untuk mencegah jamur menjadi masalah. Selalu cuci tangan sebelum menyusui, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah mengganti popok bayi. Kebersihan tangan yang baik dapat mencegah penyebaran banyak penyakit umum.

2. Jaga puting tetap kering

Bunda juga perlu menjaga puting tetap bersih dan kering. Misalnya, gantilah bra menyusui setiap hari atau setiap kali basah. Biarkan puting mengering setelah menyusui jika bisa. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 tips memilih salep untuk puting yang lecet saat menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



INFEKSI JAMUR PADA PAYUDARA SAAT MENYUSUI? INI CARA MENCEGAH & MENGOBATINYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!