menyusui

Obat Gusi Bengkak untuk Ibu Menyusui, Ketahui juga Penyebab & Penanganannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   HaiBunda

Kamis, 17 Aug 2023 07:50 WIB

Jakarta -

Gusi bengkak pada ibu menyusui bisa saja terjadi kapan saja ya, Bunda. Yuk, cari tahu obat gusi bengkak untuk ibu menyusui dan ketahui juga apa sih penyebab dan bagaimana penanganannya.

Perjalanan menyusui memang tidak selalu mulus ya, Bunda. Selain dihadapkan pada tantangan naik turunnya produksi ASI, busui juga kerap mengalami permasalahan kesehatan mulut. Salah satunya yakni adanya gusi bengkak saat menyusui.

Kondisi tersebut memang tidak nyaman ya, Bunda. Apalagi, agenda menyusui harus terus berjalan. Pengobatan pun dibutuhkan agar kegiatan menyusui tidak terganggu dan ASI dapat diproduksi dengan maksimal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Obat gusi bengkak untuk ibu menyusui

Sebelum mencari tahu apa pengobatan untuk gusi bengkak ibu menyusui, perlu Bunda ketahui juga penyebab dari kehadiran gangguan kesehatan tersebut ya, Bunda. Seperti diketahui bahwa ibu menyusui memang berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan gigi jika mereka tidak terhidrasi atau malas menyikat gigi dan flossing.

Selain itu, ibu menyusui juga kehilanganĀ 5 persen massa tulang mereka karena bayi mereka yang sedang tumbuh membutuhkan lebih banyak kalsium.

Hal ini dapat menyebabkan penyakit periodontal atau gingivitis, baik infeksi gusi yang dapat merusak gusi dan menyebabkan pengeroposan tulang di sekitar rahang. Untuk mencegahnya, penting untuk menjaga pola makan yang sehat selama menyusui, termasuk banyak kalsium dan vitamin D.

The American Dental Association juga melaporkan peningkatan keretakan gigi di antara ibu yang menderita ketegangan leher dan wajah akibat menyusui.

Cara terbaik untuk mencegah masalah seperti ini adalah dengan meningkatkan rutinitas perawatan gigi harian Anda dan tetap melakukannya selama dan setelah kehamilan.

Berkomitmen untuk menyikat gigi secara menyeluruh dua kali sehari dan membersihkan gigi secara menyeluruh sekali sehari. Gunakan obat kumur pembunuh bakteri setelah menyikat atau di antara waktu makan jika Bunda tidak sempat menyikat seperti dikutip dari laman 1stfamilydental.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik diĀ SINI. Gratis!

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT