menyusui

Penyebab ASI seperti Santan Pecah, Simak Bedanya dengan ASI Basi

Dwi Indah Nurcahyani   |   HaiBunda

Kamis, 24 Aug 2023 15:05 WIB

Jakarta -

ASI sering kali tampak terpecah dari lemaknya layaknya santan pecah. Kira-kira apa sih penyebab ASI seperti santan pecah, Bunda? Simak yuk bedanya juga dengan ASI basi.

Bagi ibu menyusui yang langsung memberikan ASI mereka pada bayi dari payudara mungkin jarang menemui kasus ASI-nya tampak berbeda dari biasanya. Tetapi, bagi para pejuang ASI yang kerap memerah ASI, kondisi ASI dari hari ke hari biasanya sangat terlihat ya, Bunda.

Termasuk ketika ASI yang mereka simpan di freezer tampak seperti santan pecah. Ya, hal ini tentu saja membuat kepanikan tersendiri bagi para ibu. Apalagi, proses memerah ASI yang susah payah membuat mereka lemas jika ASI yang seperti santan pecah tersebut terbuang percuma.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Penyebab ASI seperti santan pecah

Agar tidak panik berlebihan, perlu Bunda ketahui bahwa saat dibekukan, sebenarnya ASI terpisah menjadi dua komponen lemak yakni krim dan cairan.

Komponen lemak dapat muncul sebagai bintik putih pada susu beku. Bunda mungkin memperhatikan bahwa pemisahan lemak terjadi di bagian atas wadah.

Misalnya, jika Bunda menyimpan ASI di dalam kantong yang awalnya dibekukan dengan posisi mendatar, bintik-bintik putih akan berada di bagian depan kantong. Jika ini terjadi, aduk susu dengan lembut setelah dicairkan untuk mencampurkan kembali komponen-komponennya.

Penting diketahui juga bahwa setelah ASI dimasukkan ke dalam botol atau kantong penyimpanan, ASI mulai terpisah saat suhu semakin dingin. Lemak dalam susu naik dan lebih banyak komponen berbahan dasar air tetap berada di dasar wadah.

"Ini normal, seperti air terpisah dari minyak dalam saus salad. Untuk memerah susu komponen kembali bersama sebelum memberi makan dengan lembut putar wadah selama beberapa menit sampai susu benar-benar tercampur," ujar Sarah Schooler, MSN, RN, IBCLC, seperti dikutip dari laman Thrivelactationcenter.

Dan, salah satu karakteristik ASI yang menarik adalah kemampuannya untuk memisahkan diri menjadi lapisan-lapisan, dengan lapisan lemak yang menonjol ke atas, mirip dengan susu sapi. 

Pemisahan ASI terjadi karena fenomena yang disebut creaming atau pemisahan krim. Ini adalah proses alami yang didorong oleh perbedaan kepadatan komponen susu.

Gelembung lemak dalam ASI lebih besar dari komponen susu lainnya dan memiliki kepadatan yang lebih rendah. Akibatnya, mereka cenderung naik ke atas, membentuk lapisan krim yang berbeda. Banyak ibu memperhatikan pemisahan lemak ASI ini dalam botol ASI yang dipompa. Lemak ASI membentuk 'sumbat susu' di bagian atas botol.

Ya, ASI Bunda mungkin baik-baik saja jika terpisah menjadi beberapa lapisan. ASI adalah campuran unik dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, enzim, dan berbagai komponen bioaktif.

Kandungan lemak pada ASI yang sebagian besar terdapat pada hindmilk sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Ini menyumbang sekitar 3-5% dari total volume susu dan bertanggung jawab atas kepadatan energi susu. 

Seperti yang disebutkan di atas, gumpalan lemak ini lebih berat daripada komponen susu lainnya yang secara alami menyebabkan pemisahan lemak ASI.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT