menyusui

5 Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Benar dan Cara Menyusuinya yang Nyaman

Dwi Indah Nurcahyani   |   HaiBunda

Sabtu, 02 Sep 2023 07:50 WIB

Menyusui bayi kembar terutama bagi ibu baru menjadi tantangan tersendiri yang tak mudah dijalani. Rasanya mungkin melelahkan tetapi proses menyusui harus tetap berjalan ya, Bunda. Agar tidak kesulitan, simak posisi menyusui bayi kembar yang benar dan cara menyusuinya yang nyaman, Bunda.

Menyusui satu bayi saja sudah menyita waktu ya, Bunda. Bayangkan saja jika harus menyusui bayi kembar, tentu saja energi ekstra diperlukan. Dalam hal ini, ibu menyusui perlu strategi khusus serta menciptakan rutinitas menyusui yang sesuai dan membuatnya nyaman.

Beberapa ibu menyusui mungkin lebih menyukai pola menyusui bayinya satu demi satu dan ada pula yang lebih suka menyusui dua bayi sekaligus. Pilihan ini sah-sah saja tergantung dengan kenyamanan masing-masing ya, Bunda. Hal terpenting, pelekatan dan posisi menyusui dilakukan dengan benar sehingga menyusui terasa nyaman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Posisi menyusui bayi kembar yang benarĀ 

Perlu Bunda ketahui bahwa menyusui sebaiknya tidak ditunda-tunda ya, Bunda hanya karena keberadaan bayi kembar. Sebab, menyusui tidak hanya membantu Bunda membangun ikatan yang kuat dengan bayi tetapi juga menjadi cara yang baik untuk menenangkan Si Kecil, seperti dikatakan Dr Rijaphin R, Senior consultant obstetrics and gynaecology, dikutip dari laman Healthshots.

Agar lebih tenang dan nyaman, Bunda juga sebaiknya memperhatikan bagaimana posisi menyusui bayi kembar yang baik. Jika Bunda memilih menyusui bayi kembar secara tandem, sebaiknya Bunda perlu bersabar dan terus berlatih agar bisa melewatinya.

Karena, menyusui tandem mungkin bisa saja menyulitkan di awal-awal menyusui, tetapi dengan latihan yang sering nantinya Bunda akan terbiasa menemukan posisi yang nyaman.

Berikut ini beberapa posisi menyusui bayi kembar yang benar dan bisa dicoba di rumah ya, Bunda:

1. Cradle hold

Posisikan Bunda menggendong bayi di lengan dengan kepala bayi di sudut siku dan kaki diletakkan di atas perut ibu.

2. Crossover hold

Biarkan bayi berbaring menyamping di atas bantal kemudian bayi menyusu pada payudara kiri dengan kaki diselipkan di bawah lengan kanan ibu (atau sebaliknya)

Klik di halaman selanjutnya ya Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT