sign up SIGN UP search


menyusui

4 Tips Pumping ASI untuk Bayi Kembar, Tetap Utamakan Kenyamanan Bunda Ya

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 16:30 WIB
ilustrasi bayi kembar 4 Tips Pumping ASI untuk Bayi Kembar, Tetap Utamakan Kenyamanan Bunda Ya/Foto: iStock
Jakarta -

Bagi Bunda yang melahirkan bayi kembar tentu perlu melakukan berbagai persiapan double ya, seperti baju, tempat tidur, atau stroller untuk Si Kembar, termasuk ASI nih. 

Memang tak mudah menyusui dua atau lebih bayi ya Bunda. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan beragam cara dan tips. Semua itu agar Si Kembar bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal dari ASI Bunda. 

Terlebih ASI bisa memberikan Si Kecil nutrisi yang seimbang serta antibodi sempurna yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalannya.


“ASI adalah makanan yang ideal untuk bayi. Aman, bersih dan mengandung antibodi yang membantu melindungi dari banyak penyakit umum pada anak.” demikian bunyi penjelasan WHO dikutip dari laman resminya.

Tips pumping untuk bayi kembar

Bunda yang hanya memiliki satu bayi mungkin pernah mengalami kesulitan selama menyusui, tapi bagaimana mereka yang memiliki bayi kembar? Menyusui memang tetap bisa dilakukan, tapi seperti akan lebih rumit.

Memiliki bayi kembar berarti memberi makan sekaligus dua anak yang masing-masing harus sama rata mendapatkan nutrisi sempurna. Maka dari itu, beberapa Bunda dengan bayi kembar memilih untuk memompa ASI mereka secara eksklusif atau melengkapi ASI dengan ASI perah atau susu formula.

Setelah melahirkan, mungkin Bunda ingin segera menyusui si kembar, tapi tubuh mungkin memerlukan waktu itu melakukannya. Banyak Bunda yang mengharapkan melahirkan anak kembar secara normal, tapi karena suatu hal mengharuskannya operasi caesar yang tidak direncanakan.

Ini bisa menyebabkan tertundanya suplai ASI pada Bunda, tapi tenang saja karena kemungkinan besar terjadinya tidak akan lama.

Melansir laman Whattoexpect, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar Bunda menyusui Si Kecil hingga usianya enam bulan dan melanjutkannya diiringi dengan makanan padat. Ini bisa dilakukan selama usia Si Kecil mencapai dua tahun atau lebih.

Berikut beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan saat pumping ASI untuk anak kembar:

1. Jika Bunda berencana memompa ASI untuk si kembar, sebaiknya tidak menunggu saat mereka sudah lapar. Cobalah untuk memompa setiap dua jam atau sekitar delapan hingga 12 kali dalam periode 24 jam.

2. Jika diasumsikan Bunda memompa dengan pompa payudara elektrik ganda kelas rumah sakit, akan memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit per sesi. Untuk menjaga suplai ASI, cobalah memompa dua hingga lima menit lagi setelah Bunda mengumpulkan tetes susu terakhir.

3. Si kembar mungkin memiliki banyak kesamaan, tapi mereka bisa memiliki kebutuhan yang unik dalam menyusu lho. Jadi, untuk mengetahui berapa banyak yang harus Bunda pompa untuk Si Kembar, hubungilah konselor laktasi.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut tentang tips pumping untuk bayi kembar.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cerita April Jasmine mengASIhi putra kembarnya:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS PUMPING ASI UNTUK BAYI KEMBAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!