MOM'S LIFE

Cerita Wanita 34 Tahun yang Bisa Hamil dalam Satu Siklus Kesuburan

Asri Ediyati 03 Sep 2017
Ilustrasi Ibu hamil /Foto: Ari Saputra Ilustrasi Ibu hamil /Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menginjak usia 30-an kemungkinan hamil dalam satu siklus kesuburan (1 bulan) makin kecil. Tapi, ibu 34 tahun ini membuktikan kalau hamil dalam satu siklus kesuburan bisa aja kok terjadi, walaupun usia sudah di atas 30 tahun.

Adalah seorang wanita bernama Ashlee yang tinggal di Dallas, Amerika Serikat. Dia sukses mengandung di umur 34 tahun. Dan yang lebih menarik lagi nih, Ashlee bisa hamil dalam satu siklus kesuburan, Bun. Ashlee bilang, sebenarnya dia juga nggak menyangka di usianya yang sudah 34 tahun bisa hamil.

"Apalagi kehamilan ini benar-benar tidak kami rencanakan. Ryan dan saya dulu memang sepakat memiliki dua anak setelah menikah. Namun, dua bulan setelah menikah, saya mengalami cedera punggung. Dalam waktu 3 tahun, harus bolak-balik masuk rumah sakit dan menjalani berbagai operasi," ungkap Ashlee dalam blog pribadinya Crunchy Moose.

Baca juga: Kisah Bayi Lahir di Mobil dan Masih Terbungkus Kantong Ketuban

Ashlee mengaku, setelah pulih dari operasi, ia dan Ryan sudah siap punya anak pertama, namun kondisi Ashlee nggak mendukung untuk hamil. Akhirnya mereka mengadopsi bayi meskipun butuh waktu dua tahun hingga akhirnya Ashlee dan Ryan bisa mengadopsi seorang anak.

"Setelah anak angkat kami, Morisson berusia 1 tahun. Saya masih berencana memiliki anak kedua, tapi Ryan sudah berubah pikiran. Ia memilih untuk memiliki satu anak saja dari adopsi. Sudah lebih setahun lamanya setelah itu, tiba-tiba Ryan berubah pikiran lagi," ujar Ashlee.

Akhirnya mereka mencoba memiliki anak dan ternyata hanya dalam waktu 1 bulan, Ashlee berhasil hamil. Wah, senangnya!

Baca juga: Pesan Pak Dokter agar Ibu Hamil Nggak Gampang Termakan Mitos

"Sebelum dan saat hamil, saya beli beberapa minyak-minyak esensial yang mendukung kesuburan dan membantu mengurangi morning sickness hingga mencegah stretchmark. Saya juga melakukan yoga, mengingat saya punya riwayat sakit punggung dan melakukan detox," kata Ashlee.

Karena hamil di usia 30-an dan tahu ia lebih rentan mengalami keguguran, Ashlee rajin mengonsumsi makanan organik dengan nutrisi yang seimbang, seperti telur rebus organik, alpukat, smoothie sayuran, minyak hati ikan cod, kaldu tulang dan suplemen probiotik. Saat ini, putri Ashlee udah lahir dan dia diberi nama Mabel.

Menurut Layan Alrahmani, MD, di usia 35 tahun, tingkat kesuburan wanita memang menurun, Bun. Apalagi, ibu yang berusia 30 tahun-an hanya memiliki kemungkinan sebesar 15 persen bisa hamil dalam satu bulan. Sangat kecil ya Bun.

"Walaupun pada dasarnya setiap orang beda-beda. Tapi, secara ilmiah, ketika ibu hamil di usia 30-an tahun, risiko kegugurannya cukup tinggi. Selain itu kemungkinan bisa hamil dalam satu siklus kesuburan itu terbilang 'langka'," kata Alrahmani, dikutip dari Baby Center. (aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi