MOM'S LIFE

Curhat Ayah yang Cemburu Sama Kedekatan sang Anak dan Bundanya

Radian Nyi Sukmasari 14 Sep 2017
Curhat Ayah yang Cemburu Sama Kedekatan sang Anak dan Bundanya/ Foto: HaiBunda Curhat Ayah yang Cemburu Sama Kedekatan sang Anak dan Bundanya/ Foto: HaiBunda
Jakarta - Suami cemburu? Lumrah ya, Bun. Tapi kita sadar nggak sih kalau pasangan, alias ayah dari anak-anak kita ini juga bisa cemburu sama kedekatan kita dengan anak-anak? Ya, ini memang bisa terjadi kok.

Adalah seorang ayah bernama Terence Mentor yang juga seorang blogger. Dia mencurahkan isi hatinya yang cemburu sama kedekatan anaknya yang umur 2 tahun, dengan sang ibu. Dalam unggahan di laman Facebook-nya, Afro Daddy, Terence bilang kalau anak bungusunya itu benar-benar 'anak bunda'.

"Saya melihat hubungan langsung dan intens mereka yang indah. Tapi jujur, itu membuat saya cemburu. Memang, jadi hal yang biasa saat ayah nggak bisa menghibur anaknya dan dia selalu mengatakan 'ingin ke ibu saja'. Itu seperti kita tidak pernah memiliki momen yang relasional dan nyata dengan anak sendiri," kata Terence.

Terlihat kekanak-kanakan banget karena cemburu sama anak sendiri? Kata Terence, ya. Tapi, memang itu nyata dan menyedihkan kok. Nah, ada sebuah keajaiban nih Bun menurut Terence. Beberapa waktu lalu, sesuatu nggak terduga dilakukan si bungsu.

Suatu malam, si anak lagi tidur di dada sang bunda. Kata Terence, memang di saat seperti itulah anak bisa menemukan kenyamanan. Tiba-tiba, si anak yang masih tertidur meringkuk ke pelukan Terence. Sontak, Terence terharu, Bun.

Baca juga: Pentingnya Andil Ayah dalam Mengasuh Anak Perempuan

"Saya tidak bohong. Mata saya agak berkaca-kaca. Adakah pelajaran dari sini? Ya, jadi ayah memang sulit, energi yang menguras emosi dan fisik yang Anda keluarkan bisa dilunasi dalam sekejap saja," kata Terence.

Curhat ayah yang cemburu sama kedekatan sang anak dan bundanyaCurhat ayah yang cemburu sama kedekatan sang anak dan bundanya/Foto: Facebook


Jadi, buat ayah-ayah lain, Terence berpesan jangan sedih atau merasa dicampakkan ketika si kecil kelihatannya lebih lengket sama bundanya. Bicara kedekatan anak dengan salah satu orang tua pada dasarnya itu dipengaruhi respons orang tua ke si kecil nih, Bun. Demikian dikatakan psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, M.Psi.

Tapi, Ratih menegaskan kalau cuma dekat sama salah satu orang tua, misalnya bunda, bukan berarti anak nggak sayang sama sang ayah. Nah, ketika anak cenderung lebih dekat dengan salah satu orang tua, ayah atau bunda perlu melihat lagi selama ini respons mereka ke anak bagaimana.

"Tapi, bukan berarti mereka bersikap permissive alias menuruti semua keinginan anak. Demi bisa dekat dengan anak, semua yang anak mau dituruti merupakan cara yang kurang tepat," kata Ratih dalam wawancara dengan detikHealth.

Kalau Bunda lagi berdua sama ayah, coba yuk ajak ngobrol si ayah. Siapa tahu ayah juga punya rasa cemburu seperti dialami Terence nih, Bun. Atau, Bunda punya pengalaman ketika si ayah terang-terangan ngaku cemburu sama kedekatan si kecil ke Bunda? Ayo dong, Bun, ceritakan pengalamannya di kolom komentar.

Baca juga: 'Cuti Ayah' Seperti Dilakukan Mark Zuckerberg Banyak Manfaatnya, Lho

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi