mom-life

Cara Seorang Ibu Menerima Perubahan Tubuhnya Setelah Melahirkan

Radian Nyi Sukmasari Senin, 25 Sep 2017 16:53 WIB
Cara Seorang Ibu Menerima Perubahan Tubuhnya Setelah Melahirkan
Jakarta - Mengandung si kecil kurang lebih 9 bulan lalu melahirkan, pastinya ada perubahan yang dialami tubuh seorang ibu. Untuk bisa menerima perubahan tubuh yang dialami setelah si kecil lahir pun bukan perkara mudah.

Hal ini pula yang dirasakan seorang bunda bernama Brianna Monique Danielson atau dikenal dengan Brie Bella. Beberapa waktu lalu, Bella melahirkan anak pertamanya. Kata Bella, benar-benar butuh waktu untuknya bisa menerima dan mencintai lagi tubuhnya yang sudah berubah setelah melahirkan.

Bella bilang, setelah melahirkan, jujur saja dirinya berpikir harus bangkit. Tapi, nggak ada satu orang yang memberi tahu kalau bayinya yang berbobot 4,5 kg dan amat berharga itu akan mengambil tiap menit untuk tiap energi yang dimiliki sang ibu. Bella bahkan merasa susah banget untuk nggak ke gym dan merasa bersalah saat makan sekantong popcorn saat nonton Netflix di sela-sela me time-nya.


Nggak cuma itu, Bella mengaku nggak tahu harus pakai baju apa dengan tubuhnya yang baru dan sempat frustasi karena pakaiannya yang lama nggak muat lagi, Bun. Hingga suatu saat, Belle bercermin dan dia menyadari kalau inilah tubuh dia yang baru dan dia akan mencintainya.

Baca juga: 'Tulisan Itu Ubah Pandanganku Soal Perubahan Bobot Pasca Melahirkan'

"Tubuh ini sudah 'membuat' seorang manusia dan saya merasa sangat luar biasa dengan itu. Sedikit bantuan dari saudara saya tentang bagaimana mamakai pakaian setelah tubuh berubah pasca melahirkan, membuat saya merasa lebih baik. Salam ceria untuk para ibu dan semua tahap kehidupan yang berbeda yang kita jalani," kata Bella dalam postingan di Instagramnya @thebriebella.

Apa yang diungkapkan Bella mengundang komentar positif netizen. Ada yang menyemangatinya, mengagumi sosok Bella yang dinilai bisa lapang dada menerima perubahan yang dialami, bahkan ada yang merasa terinspirasi dengan kata-kata Bella. Kepada Fit Pregnancy, Bella bilang selama hamil, dia sudah memikirkan gimana caranya bisa mengembalikan bentuk tubuhnya lho, Bun. Saat hamil 23 minggu, berat badannya naik 9 kg. Tapi, saudara iparnya yang baru saja melahirkan menyarankan ke Bella untuk nggak terlalu memusingkan hal itu.

"Karena, dia bilang ketika saya menyusui, saya bisa menurunkan berat badan saya kok. Menurut saya, ya itu manusiawi. Mungkin ini terdengar agak sulit buat saya tapi saya siap untuk menerima tantangan itu," kata Bella.

Mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan memang butuh proses ya, Bun. Tapi, bukan berarti nggak ada yang bisa kita lakukan. Dikutip dari EmpowHer, untuk mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan, Bunda bisa mengembalikan rahim ke ukuran normal lebih dulu, caranya dengan menyusui. Lalu, kita bisa juga nih menurunkan berat badan dengan berolahraga, tapi baiknya tunggu 6 minggu setelah melahirkan ya, Bun.

Sebab, dalam selang waktu 6 minggu kondisi tubuh sudah mulai pulih dan normal kembali. Jangan lupa juga untuk melakukan latihan kegel dan minum air putih lebih banyak ya, Bun. Hal terpenting, jangan menyerah. Bagaimanapun, untuk mengembalikan bobot pasca melahirkan membutuhkan proses kan? Tetap semangat, Bunda!

Baca juga: Perubahan Fisik dan Psikis yang Dialami Wanita Selama Masa Kehamilan

[Gambas:Instagram]



(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi