moms-life

Anak Bertanya tentang Masturbasi, Begini Respons Novita Angie

Amelia Sewaka Selasa, 14 Aug 2018 08:53 WIB
Anak Bertanya tentang Masturbasi, Begini Respons Novita Angie
Jakarta - Kadang kala pertanyaan anak praremaja kadang di luar dugaan ya, Bun. Misalnya, tiba-tiba anak bertanya tentang sesuatu yang berkaitan dengan seksual. Seperti cerita Novita Angie nih ketika putrinya bertanya soal masturbasi.

"Awalnya bingung juga jelasinnya, salah-salah bisa jadi mispersepsi ke dia. Akhirnya aku jawab secara biologis aja dulu," kata Novita Angie.

Kepada bundanya, putri Novita Angie, Jemima (!3) bilang dirinya tahu soal masturbasi dari temannya. Karena pertanyaan ini cukup tricky, Novita Angie dan suami menjelaskan soal masturbasi dengan sangat hati-hati. Soalnya, Angie khawatir putrinya justru mencari jawaban dari sumber-sumber yang tidak terpercaya.


Novita Angie dan suami pun memberi penjelasan pada Jemima bahwa masturbasi terkait dengan kebutuhan seksual manusia. Dia menambahkan jika memang Jemima bertanya lebih jauh soal masturbasi, mungkin Angie dan suaminya akan memberi jawaban yang dikaitkan dengan konteks agama.



"Berhubung dia belum nanya sejauh itu, ya aku pun menjelaskan sebatas yang ia tanya, ya pokoknya sesuaikan sama umurnya," tutur Novita Angie.

Diakui Novita Angie, ia dan suami sangat terbukan untuk berdiskusi soal pendidikan seks ke anak. Ya, walau kadang Angie dibuat pusing juga ketika ada pertanyaan sulit yang dilontarkan anak-anaknya, he-he-he.

Bicara soal pendidikan seks ke anak, dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, bilang kunci paling penting membahas topik seks adalah kedekatan orang tua dengan anak. Jangan tertutup memandang pendidikan seks sebagai hal yang tabu karena sebenarnya cakupannya luas mulai dari segi psikologis, sosial, biologis, dan kultural.

Menurut dr Boyke bahkan sejak anak lahir pendidikan seks sudah dapat dibiasakan. Caranya bisa dengan mengganti baju anak di ruang tertutup sambil juga meminta izinnya.

"Meski anak masih bayi dan belum bisa merespons Anda, melalui kebiasaan sederhana ini dia belajar untuk menghargai tubuhnya sendiri dan orang lain. Kemudian ajarkan dia merawat dan membersihkan kelaminnya misal setelah buang air kecil atau air besar," tulis dr Boyke dan dalam bukunya 'Adik Bayi Datang Dari Mana?' dilansir detikHealth.

dr Boyke menambahkan menjelang pubertas, kenalkan anak tanda-tanda pubertas dan bagaimana menghadapinya jika dia mengalaminya. Beri anak rambu-rambu yang jelas dalam bergaul dengan lawan jenis.

"Penjelasan soal seks yang berbau ilmiah atau memerlukan bahasa medis yang agak rumit, tunggu sampai anak bertanya. Jika anak sudah menanyakannya berarti logika sudah sampai pada tahap tersebut," lanjut dr Boyke.

Bunda dan Ayah pernahkah mendapat pertanyaan 'kejutan' dari anak terkait pendidikan seksual seperti Novita Angie?

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi