mom-life

Pesan Jokowi untuk Gempi: Baik-baik dan Sayang Ya pada Papa

Ratih Wulan Pinandu Kamis, 18 Apr 2019 09:03 WIB
Pesan Jokowi untuk Gempi: Baik-baik dan Sayang Ya pada Papa
Jakarta - Siapa yang tak mengenal Gempita? Anak semata wayang Gading Marten dan Gisella Anastasia yang selalu terlihat menggemaskan. Kepo lisan dan kelucuan Gempi memang selalu menarik untuk ditunggu-tunggu ya, Bun.

Seperti baru-baru ini, Gempi penasaran dengan proses pemilu 2019. Bocah 4 tahun itu bertanya pada sang mama, mengapa harus nyoblos dan mengapa jarinya berwarna ungu. Tapi, bukan Gempi namanya kalau tidak melontarkan kata-kata lucu saat bertanya.


"Kenapa nyoblos?," tanyanya pada Mama Gisel.


"Kan nyoblos wakil rakyat, milih presiden," jelas sang mama.

"Iya apa? Ini apa?" lanjut Gempi sambil menunjuk jari ungu Gisel.

"Kan milih di TPS, ini sebagai tanda Mama sudah milih," jawab sang mama.

"Jokowi atau Praboyo?" tanya Gempi polos.

"Kok Praboyo, Bapak Prabowo. Kok tau-tauan aja abis berbalas content sama pak Jokowi ya. Pak Jokowi bilang apa?” balas Gisel sambil tertawa.

"Gempi rajin belajar, sayang pada Mama Papa," jawab Gempi.
Pesan Jokowi untuk Gempi: Baik-baik dan Sayang Ya pada PapaGempi dna Gading/ Foto: Instagram
Ya, Bun, belum lama ini Gading Marten mengunggah konten terbaru di akun Youtube miliknya. Saat berbincang bersama Jokowi, ternyata Gading sempat menelpon Gempi dan memberi kesempatan pada anaknya untuk bicara dengan Jokowi.

Anak semata wayangnya itu mendoakan agar Jokowi sehat selalu. Tak kalah mengharukan, Jokowi juga memberi pesan menyentuh untuk Gempi lho.

"Pak Jokowi ini Gempi, sehat-sehat ya. We love You," ucap Gempi menggemaskan.

"Belajar terus, baik-baik dan sayang ya pada Papa, pada Mama," jawab Jokowi.

Wah, Gempi kecil-kecil sudah penasaran ya sama proses pemilihan presiden yang digelar kamarin, Rabu (17/4). Pertanyaan kritis seperti itu memang normal ditanyakan anak-anak seusia Gempi. Lalu, bagaimana seharusnya orang tua menjelaskan rasa penasaran anak-anak pada proses pemilu yang sedang berlangsung?

Kalau menurut psikolog anak dari TigaGenerasi @ Brawijaya Clinic, Anastasia Satriyo, Bunda bisa menjelaskan dengan cara yang mudah diterima anak-anak. Sampaikan dengan santai tanpa menggebu-gebu, dengan memberi tahu salah satu calon presiden pilihan kita.

"Sifatnya pun lebih bercerita karena itu lebih seru untuk anak," ungkapnya saat berbincang dengan HaiBunda belum lama ini.


Bunda bisa juga lho mengajak mereka ke TPS, dan mengajarkan hal-hal baru pada si kecil. Seperti misalnya, memperkenalkan tata cara pencoblosan. Seperti mengantre dan tertib dalam menjalankan serangkaian prosesnya. Dari situ, Bunda bisa menekankan agar anak-anak pentingnya menghargai pendapat satu sama lain.

"Terkait pilihan presiden atau DPR yang berbeda sebagai orang tua bijaknya sih memberikan cerita obyektif bahwa dalam setiap pemilihan itu pasti ada beberapa calon dan ada kemungkinan menang atau kalah seperti kalau di sekolah kita milih ketua kelas," jelas psikolog yang biasa disapa Anas tersebut.

Selamat mencoba ya, Bun!

Tonton video Gempi saat berbincang dengan Jokowi yuk, Bun!

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi