mom-life

Kegiatan Simpel yang Bisa Bantu Redakan Stres Bunda

Melly Febrida Rabu, 12 Jun 2019 17:34 WIB
Kegiatan Simpel yang Bisa Bantu Redakan Stres Bunda Ilustrasi ibu stres/ Foto: thinkstock
Jakarta - Kalau Bunda atau anak-anak stres biasanya ngapain? Sebisa mungkin jangan menonton televisi atau malah makan camilan. Keduanya tak bisa membantu mengurangi stres. Namun, Bunda bisa coba menarik napas dalam-dalam.

Dokter anak, Dan Brennan, MD, mengatakan cobalah mengambil napas dalam-dalam ketika Bunda atau anak-anak stres. Tarik napas dalam-dalam adalah cara mudah untuk membuat Anda relaks dan melepaskan kekhawatiran.




"Anda dapat melakukannya cukup sering di mana saja, dan hanya membutuhkan beberapa menit," kata Brennan mengutip WebMD.

Menurutnya, pernapasan perut dan pernapasan diafragma bisa membantu meredakan stres. Selain itu, membantu menurunkan tekanan darah dan mengendurkan otot yang tegang.

Brennan bilang setiap orang bisa mendapat manfaat dari relaksasi yang menenangkan. Bunda bisa mengikuti panduan langkah-langkah ini untuk menghilangkan stres.

1. Temukan tempat yang nyaman dan tenang untuk duduk atau berbaring. Pilih tempat di mana Bunda atau anak-anak tidak akan terganggu. Jika duduk, jaga agar punggung tetap lurus dan kaki rata di lantai, lalu tutup mata.

2. Coba tempatkan satu tangan di perut, tepat di bawah tulang rusuk. Letakkan tangan lainnya di dada.

3. Ambil napas teratur

4. Tarik napas dalam-dalam, perlahan melalui hidung. Perhatikan saat perut membesar di bawah tangan.

5. Sambil menahan napas, diam sejenak atau sekitar dua detik.

6. Buang napas perlahan melalui mulut. Perhatikan saat tangan di perut ketika buang napas.

7. Lakukan ini beberapa kali hingga Bunda dan anak-anak memiliki ritme yang menenangkan.

8. Saat menarik napas, bayangkan udara yang dihirup menyebarkan relaksasi dan ketenangan di seluruh tubuh. Saat mengeluarkan napas, bayangkan napas menghilangkan stres dan ketegangan.

9. Coba bernapas dalam-dalam selama 10 menit atau sampai Bunda merasa relaks dan stres pun berkurang. Secara bertahap, lakukan ini 15-20 menit.

Kegiatan Simpel yang Bisa Bantu Redakan Stres BundaFoto: iStock


"Jika Anda lelah dan tidak punya waktu 10 menit untuk menghilangkan stres, beberapa kali menarik napas dalam-dalam bisa membantu. Setelah berlatih beberapa kali, versi mini dari latihan ini dapat membantu meredakan ketegangan," kata Brennan.

Dia menyarankan untuk menjadwalkan menarik napas dalam-dalam setiap hari. Menurutnya, cara ini bisa membantu menghilangkan stres hingga seseorang jadi lebih tenang dan santai.

Sementara itu Dr.Kedar Tilwe, konsultan psikiater di Department of Mental Health and Behavioural Sciences, Fortis Health Care, menjelaskan bagi ibu stres bisa berasal dari kegiatan mengasuh anak.



"Jadi, bahkan jika Anda merasa stres, hadapilah. Anda penting bagi anak-anak, tidak peduli seberapa sering mereka tidak nurut atau berulah," kata Tilwe mengutip Pink Villa.

Tilwe bilang, umumnya stres muncul ketika Bunda merasa tak ada yang membantu. Karena itu, coba belajar berbagi tanggung jawab dengan pasangan atau minta bantuan dan dukungan mereka.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi