moms-life

Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mudah Mencegahnya

Muhayati Faridatun Senin, 17 Jun 2019 15:30 WIB
Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mudah Mencegahnya
Jakarta - Penuaan dini bisa jadi salah satu masalah yang sangat dihindari para bunda. Meski ada faktor genetik sebagai penyebabnya, tapi Bunda masih bisa kok mencegah penuaan dini.

Menurut penjelasan dr.Reisa Broto Asmoro, 90 persen faktor penuaan dini diakibatkan oleh lingkungan, life style atau gaya hidup, polusi udara, tanah, dan air.

"Faktor genetik ada 10 persen. Tapi, kalau kita bisa membentuk life style yang bagus, tentu akan sangat membantu supaya mencegah penuaan dini," jelas dokter 33 tahun ini, dalam program dr.Oz Indonesia Trans TV.

Reisa kemudian memaparkan, tiga ciri penuaan dini sebagai berikut:

1. Muncul flek kecokelatan atau kehitaman, yang merupakan tanda munculnya hiperpigmentasi di kulit.

"Penyebab utamanya paparan ultraviolet atau sinar matahari. Bisa juga faktor hormonal dan genetik. Jadi, sejak lahir sudah ada penumpukan flek pigmentasi di kulit," jelas Reisa.

2. Muncul kerutan atau garis-garis halus. Biasanya karena wajah terlalu sering berekspresi yang sama, misal mengerutkan dahi.

3. Tanda lainnya yakni kulit terasa kasar, kusam, dan kelembapan menurun.



Dikutip dari ulasan What can I do about wrinkles? di Medical News Today, kerutan juga bisa muncul akibat kebiasaan merokok, mengalami dehidrasi, dan konsumsi obat.

Biasanya, kerutan cenderung muncul di bagian-bagian tubuh yang menerima paparan sinar matahari paling banyak, terutama wajah dan leher, punggung tangan, dan lengan.

Bagaimana cara mencegah penuaan dini? Bunda simak di halaman selanjutnya ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi