mom-life

Risiko Pemakaian Produk Kecantikan Mengandung AHA untuk Ibu Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 07 Aug 2019 18:01 WIB
Risiko Pemakaian Produk Kecantikan Mengandung AHA untuk Ibu Hamil
Jakarta - Sederet produk kecantikan banyak mengandung Alpha hyddroxy acid (AHA) yang diklaim bagus untuk kulit. Selama ini, produk tersebut aman-aman saja dikenakan para wanita secara umun.

Tapi, kalau untuk ibu hamil bagaimana ya kadar keamanannya? Apakah dimungkinkan menggunakan produk yang mengandung AHA selama kehamilan?

Kandungan AHA seperti asam glikolat dan asam laktak memang paling umum terdapat dalam produk kosmetik. Keberadaan bahan tersebut biasanya digunakan untuk membantu mengobati gangguan kulit tertentu seperti jerawat, radang kulit, dan kemerahan. Produk seperti pembersih wajah, toner, dan beberapa lainnya banyak menggunakan kandungan ini yang diketahui dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.


Melansir Baby Center, penggunaan AHA pada kehamilan memang belum diteliti, tetapi karena hanya sejumlah kecil yang diserap ke dalam kulit, penggunaan bahan tersebut dianggap berisiko rendah ketika digunakan dalam perawatan kulit. Namun, lebih amannya memang sebaiknya menggunakan produk tersebut dalam jumlah kecil.

Risiko Pemakaian Produk Kecantikan Mengandung AHA untuk Ibu HamilKandungan AHA untuk ibu hamil/ Foto: iStock

Heidi Waldorf, M.D, dari Mount Sinai School of Medicine di New York mengatakan selama kehamilan sebaiknya ibu hamil menghindari retinoid atau turunan dari vitamin A, seperti retin-A atau renova serta salisilat, termasuk produk yang mengandung asam salisilat (yang juga dikenal sebagai asam beta hidroksi). Sebab, semua kandungan tersebut dapat menyebabkan potensi kerusakan pada bayi Bunda yang sedang berkembang.

"Sebaiknya para ibu hamil mencari produk yang mengandung asam laktat atau asam glikolat,"ujar Heidi, seperti dikutip dari Parents.

Sedangkan untuk pemakaian produk perawatan kulit yang aman, seperti pelembab yang mungkin menjadi perawatan harian wanita, sangatlah disarankan untuk mencari produk dengan bahan seperti gliserin, asam haluronat atau shea butter yang aman digunakan untuk tubuh selama kehamilan.

Agar lebih aman, penggunaan make up mineral mungkin menjadi pilihan terbaik selama kehamilan dan ketika kulit dapat bereaksi secara tidak terduga. Selain itu, make up mineral juga diketahui tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit seperti pewangi ataupun pengawet.

Semoga membantu ya, Bun.

Bunda, cari tahu juga yuk cara menghilangkan kantung mata dalam tayangan berikut!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi