kehamilan

3 Ide Menu Makanan Sehat Bernutrisi untuk Ibu Hamil

Annisa Karnesyia Rabu, 10 Jul 2019 12:58 WIB
3 Ide Menu Makanan Sehat Bernutrisi untuk Ibu Hamil
Jakarta - Membuat menu makan selama hamil memang enggak mudah ya, Bun? Selain nilai gizi dan nutrisi, selera kita juga harus diperhatikan.

Untuk aturan makan ini, ahli gizi Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan, semakin sering ibu hamil makan, semakin baik. Sebab jika sekali makan langsung dalam porsi banyak, lambung akan terdesak dan timbul keluhan pencernaan.

Saat hamil, ibu bisa makan lebih fleksibel. Tapi ingat, saat memilih makanan, yang diutamakan adalah protein baru setelah itu tambahan vitamin lalu mineral dari sayur dan buah, baru karbohidrat.

"Asam lemak esensial dipenuhi. Ibu hamil bisa makan alpukat dengan yogurt atau roti bakar dengan parutan keju. Bubur kacang hijau pakai santan encer boleh," ujar Rita kepada HaiBunda baru-baru ini.

Menu makan bisa dimulai dari bangun pagi, seperti makan roti panggang. Dilanjutkan dengan sarapan bubur ayam dengan aneka sayur.

3 Ide Menu Makanan Sehat Bernutrisi untuk Ibu Hamil3 Ide Menu Makanan Sehat Bernutrisi untuk Ibu Hamil/ Foto: iStock

Kata Rita, di jam 10 pagi, ibu hamil bisa mulai ngemil. Makan siang dimulai di jam 1 siang, lalu sorenya ibu bisa makan camilan lagi, dilanjutkan makan malam, dan terakhir, camilan jelang tidur. Dalam satu hari, ibu hamil makan camilan tiga kali.

"Menu makan bisa nasi, pepes ikan 1,5 - 2 potong, tempe bacem 1,5 - 2 potong, bobor bayam dua mangkok, buah warna-warni orange, merah, kuning dari buah naga, pepaya, nanas boleh. Jumlahnya 150 gram," tutur Rita.

Dilansir buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal dari dr.Fredrico Patria, SpOg dan program Semua Bisa Masak Trans TV yang dipandu Chef Lady De Laura, berikut tiga ide menu ibu hamil untuk Bunda jadikan inspirasi.

Cek halaman berikutnya ya.

Simak juga video cara membuat resep gurame bubu di bawah ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi