moms-life

Aturan Penerapan Diet Paleo yang Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Selasa, 10 Sep 2019 11:33 WIB
Aturan Penerapan Diet Paleo yang Bunda Perlu Tahu
Jakarta - Bunda pernah dengar diet paleo? Diet ini sedikit unik dan berbeda dari diet lainnya karena meniru pola makan pada kehidupan zaman purba.

Kata dr.Merdina Manik, M.Gizi, dari RSUD Kramat Jati, diet paleo mengacu pada makanan yang dikonsumsi oleh manusia di zaman paleotikum. Kira-kira 2,5 sampai 10.000 juta tahun yang lalu, Bun.

"Pola makan zaman itu dianggap sesuai dengan rancangan dasar tubuh manusia," kata Merdina kepada HaiBunda.


Dari beberapa uji klinis, selain untuk menurunkan berat badan, diet ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler dan diabetes tipe 2. Syaratnya, makanan harus diperoleh secara alami dan untuk saat ini, patokan yang digunakan adalah makanan bebas dari gluten.

Sementara itu, ahli gizi Gati Dwi Cahyani, Amd.Gz menjelaskan, diet ini juga melarang untuk makan makanan olahan. Misalnya, susu, keju, yoghurt, gula, garam, dan makanan kaleng.

"Jadi diet paleo ini benar-benar back to nature. Cuma makan yang dari alam, seperti ikan, ayam, dan daging," tutur Gati.

Ilustrasi makanan diet paleoIlustrasi makanan diet paleo/ Foto: iStock

Menurut Gati, tidak ada patokan porsi makan atau pengurangan nilai gizi tertentu dari makanan. Semuanya masih dikonsumsi normal, hanya menghindari makanan olahan.

"Paleo enggak harus rendah ini dan itu. Sebenarnya makan normal, cuma menghindari makanan olahan," jelas Gati.

Mengutip Healthline, diet ini semakin berkembang beberapa tahun terakhir. Ada beberapa versi berbeda dari diet ini. Mulai banyak dari penggiat diet paleo memutuskan menambah beberapa makanan modern. Terutama yang menurut ilmu sains menyehatkan.

Beberapa makanan tersebut termasuk mentega jenis organik grass-fed butter dan beberapa makanan bebas gluten seperti nasi. Banyak orang menganggap diet paleo sebagai program dasar diet yang aturannya tidak ketat.

Bunda, simak juga penjelasan tentang nasi merah yang bisa bikin langsing di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi