moms-life

Kelebihan dan Kekurangan Jika Bunda Menerapkan Diet Paleo

Annisa Karnesyia Selasa, 10 Sep 2019 19:31 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Jika Bunda Menerapkan Diet Paleo
Jakarta - Diet paleo adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan mengonsumsi makanan alami, Bun. Sebelum menerapkan diet ini, kenali dulu keuntungan dan risiko yang mungkin terjadi pada tubuh.

Melansir dari Everyday Health, diet ini mungkin terdengar ekstrem karena mengkategorikan beberapa makanan. Namun, cukup ampuh menurunkan berat badan dan baik untuk kesehatan.

Menurut jurnal yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2015, dibandingkan dengan diet lain, diet paleo baik untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, baik untuk orang dengan tanda-tanda sindrom metabolik, diabetes, dan trigliserida.


Kata dr.Merdina Manik, M.Gizi, dari RSUD Kramat Jati, dari beberapa uji klinis, diet ini memang bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler dan diabetes tipe 2. Sebab, makanan yang dikonsumsi meniru pola makan zaman purba yang alami.

"Terbukti secara klinis mampu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan," kata Merdina.

Ilustrasi makanan diet paleoIlustrasi makanan diet paleo/ Foto: iStock

Namun, diet paleo juga memiliki kekurangan, Bun. Menurut Merdina, aturan diet paleo tidak sesuai dengan prinsip gizi seimbang.

"Bisa mengakibatkan malnutrisi. Zaman sekarang juga sulit untuk mendapat makanan yang disyaratkan diet paleo, harganya pun mahal," ujar Merdina.

Sedangkan, menurut ahli gizi Gati Dwi Cahyani, Amd.Gz, beberapa makanan olahan yang dilarang justru menyebabkan penggiat diet ini kekurangan vitamin dan mineral. Misalnya, kandungan dalam susu yang tinggi kalsium.

"Risikonya diet ini karena enggak makan salah satu bahan makanan seperti susu, akhirnya kekurangan kalsium yang baik untuk tulang," tutur Gati.

Bun, simak juga penjelasan tentang nasi merah yang kabarnya bisa bikin langsing di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi