moms-life

Pilihan Menu Makanan untuk Pegiat Diet Mayo

Annisa Karnesyia Rabu, 11 Sep 2019 13:02 WIB
Pilihan Menu Makanan untuk Pegiat Diet Mayo
Jakarta - Memilih makanan untuk menerapkan diet mayo tidak terlalu sulit, Bun. Sebab, diet ini hanya mengurangi garam dalam makanan.

Menurut dr.Merdina Manik, M.Gizi, dari RSUD Kramat Jati, pegiat diet mayo diminta mematuhi aturan dan larangan selama 13 hari. Menu makanan didominasi sayur-sayuran dan sumber protein.

"Yang pasti makanan tersebut diolah tanpa garam, disajikan dengan diolah dengan cara dikukus atau dipanggang," kata Merdina pada HaiBunda.


Menu harian diet mayo di antaranya mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter per hari. Untuk makanan, selain sayur yang dikukus, Bunda bisa menambahkan daging yang tidak mengandung banyak lemak.

"Semua sayur memang ideal dan baik, khusus untuk diet mayo dengan meminimalkan penggunaan garam," ujar Merdina.

Misalnya saat memasak sayur bayam, Bun. Merdina menyarankan untuk tidak terlalu lama memasak bayam dan tambahkan selada segar jika ada.

Ilustrasi menu makanan dietIlustrasi menu makanan diet/ Foto: iStock

Sementara itu, Ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko, MSc., RD, mengatakan beberapa bahan makanan bisa diolah untuk makanan pegiat diet mayo. Lebih mudah jika ditambahkan ke kue atau minuman.

"Alpukat, kacang almond, walnuts, biji-bijian seperti chia seeds, dan minyak zaitun. Ini bisa dimakan untuk diet mayo dan tergantung pengolahannya," kata Jansen, dikutip dari detikcom.

Jansen juga menyarankan untuk menambahkan grains atau serealia di makanan. Misalnya sumber karbohidrat dengan kandungan serat tinggi.

"Bisa menambahkan makanan tinggi serat seperti havermout, barley, rye, dan quinnoa. Tetapi sebenarnya tidak harus grains, beras merah dan beras hitam juga bisa," pungkas Jansen.

Untuk menu sarapan, Bunda bisa makan buah, kacang-kacangan, dan roti gandum. Siang hari bisa makan nasi merah dengan sup isi sayur dan kacang-kacangan, sedangkan di malam hari, sayur bayam dengan tambahan serelia dan steak daging bisa dijadikan pilihan.

Sedangkan camilan, makan puding bisa jadi pilihan tepat. Ahli gizi Gati Dwi Cahyani, Amd.Gz, menjelaskan kalau penggunaan gula dalam puding tetap diperbolehkan, namun dengan jumlah sedikit, Bun.

Sedangkan untuk menggantikan rasa asin dari garam, sekarang banyak bahan pengganti yang bisa digunakan. Misalnya saat membuat sup, Bunda bisa menggunakan kaldu jamur.

"Pakai kaldu jamur memang rasa masakan enggak asin, tapi membuat makanan jadi berasa karena gurih," ujar Gati.

Simak juga sayur-sayuran yang bisa bantu menurunkan berat badan di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi