moms-life

Mengenal Diet Mayo untuk Turunkan Berat Badan

Annisa Karnesyia Rabu, 11 Sep 2019 10:58 WIB
Mengenal Diet Mayo untuk Turunkan Berat Badan
Jakarta - Mengurangi asupan garam bisa jadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Di Indonesia, cara ini dikenal dengan nama diet mayo.

Ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko, MSc., RD, mengatakan, diet ini menghilangkan pemakaian garam dalam makanan. Termasuk membatasi asupan karbohidrat dan memperbanyak protein serta sayuran.

"Diet tanpa garam ini harus dilakukan selama periode tertentu, biasanya 13 atau 14 hari. Ketika gagal sebelum waktunya, harus mengulang dari awal lagi," kata Jensen, dikutip dari detikcom.


Metode diet ini adalah solusi menurunkan berat badan dalam satu waktu saja. Ketika berat badan sudah normal dalam kurun waktu terprogram, makanan tidak akan dibatasi lagi.

Sedangkan, kata dr.Merdina Manik, M.Gizi, dari RSUD Kramat Jati, diet ini menjanjikan penurunan berat badan hingga 7 kg selama 13 hari, Bun. Menu makanan yang dikonsumsi biasanya diolah dengan cara dikukus atau dipanggang.

"Tidak ada nasi. Makanan didominasi sayur-sayuran dan sumber protein yang diolah tanpa garam," ujar Merdiana.

"Salah satu yang disarankan adalah konsumsi air putih sesuai anjuran 8 gelas atau setara 2 liter per hari. Untuk jenis sayuran, idealnya semua baik untuk menurunkan berat badan," sambungnya.

Ilustrasi menurunkan berat badanIlustrasi menurunkan berat badan/ Foto: iStock

Diet mayo ini berbeda dengan yang diterapkan di Amerika atau dikenal dengan diet mayo clinic. Diet mayo clinic memiliki prinsip baik dari segi nutrisi karena menghilangkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan yang baik.

Diet mayo yang diterapkan di Indonesia memang bisa menurunkan berat badan. Sebab, asupan garam memengaruhi cairan dalam tubuh. Dalam buku Dietclopedia: 110 Rahasia Diet Sehat yang disusun Go Dok, garam bersifat menahan air di dalam tubuh. Kadar garam berlebih bisa membuat tubuh membengkak.

Membatasi kadar garam dalam tubuh berarti membuat lebih banyak air terbuang dari tubuh melalui keringat. Hal ini menyebabkan berat badan menurun, Bun.

Simak juga resep protein Ice Shake, minuman lezat untuk Bunda yang sedang menurunkan berat badan.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi