sign up SIGN UP search


moms-life

Pola Diet Suami agar Istri Cepat Hamil

Melly Febrida Rabu, 30 Oct 2019 07:42 WIB
Agar Bunda cepat hamil, peran ayah juga amat penting lho. Termasuk pola makannya. caption
Jakarta - Kehamilan bukan hanya tanggung jawab wanita. Ketika pasangan suami istri berencana memiliki momongan, keduanya perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya pola diet yang juga harus dilakukan para suami.

Dara Godfrey, ahli diet terdaftar menjelaskan makanan tertentu bisa meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Menurutnya, seorang pria dianggap memiliki jumlah sperma rendah apabila jumlahnya kurang dari 39 juta sperma per ejakulasi.

"Kedengarannya banyak, tetapi mengingat seberapa jauh mereka harus bepergian, itu tidak banyak. Intinya? Penting bagi pria mengevaluasi pola makannya. Sehingga, itu tidak mengganggu peluang istri untuk hamil," kata Godfrey mengutip Motherly.


Berikut beberapa makanan super yang harus ditambahkan ke dalam menu harian pria agar istri cepat hamil.

1. Tiram dan biji labu
Keduanya sangat tinggi seng, sehingga dapat meningkatkan testosteron, motilitas sperma, dan jumlah sperma.

2. Jeruk
Jeruk mengandung banyak vitamin C. Penelitian membuktikan vitamin C bisa meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma. Makanan lain yang mengandung vitamin C meliputi tomat, brokoli, kubis brussel, dan kubis.

3. Sayuran gelap dan berdaun
Folat yang juga dikenal sebagai vitamin B ada di dalam bayam, selada romaine, kecambah brussels, dan asparagus. Sayuran ini bisa membantu menghasilkan sperma yang kuat dan sehat.

4. Cokelat hitam
Cokelat hitam mengandung arginin, asam amino yang bisa meningkatkan jumlah dan kualitas sperma,

5. Salmon dan sarden
Asam lemak omega-3 dalam ikan dan makanan laut, terutama salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden bisa membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Pola diet suami agar istri cepat hamilPola diet suami agar istri cepat hamil/ Foto: iStock
6. Jus delima
Antioksidan dalam jus delima dapat meningkatkan kadar testosteron.

7. Kacang Brasil
Selenium dalam kacang Brasil dapat membantu meningkatkan jumlah, bentuk, dan motilitas sperma.

8. Air
Ini penting agar tubuh tetap terhidrasi. Sehingga, pria bisa menghasilkan cairan mani yang baik.

Namun, Godfrey mengingatkan, selain menambahkan makanan tersebut, ada juga makanan yang harus dihindari pria agar istri cepat hamil.

1. Makanan yang digoreng karena dapat menurunkan kualitas sperma.
2. Susu kaya lemak yang mengandung estrogen dapat menurunkan sperma yang sehat. Sebaiknya, pilih susu almond atau kedelai.
3. Daging olahan termasuk bacon, ham, sosis, hot dog, daging kornet, dendeng, dan daging kaleng dapat menurunkan jumlah sperma.
4. Kafein yang dikonsumsi oleh pria dan wanita dalam minggu-minggu menjelang konsepsi bisa meningkatan risiko keguguran.
5. Alkohol yang bisa menurunkan kadar testosteron dan memengaruhi jumlah sperma.



Sebelumnya, Arvind Vaid, seorang ahli IVF (In Vitro Fertilization) atau bayi tabung pernah mengatakan soda diet dapat menyebabkan kemandulan atau ketidaksuburan.

Umumnya, minuman ini mengandung pemanis buatan aspartam. Menurut Vaid, berlebihan mengonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan fluktuasi hormon, sehingga menyebabkan gangguan ovulasi dan memperburuk gejala pramenstruasi.

"Sperma dan sel telur, memiliki kemungkinan kematian 90 persen ketika seseorang mengonsumsi minuman tersebut secara berlebihan. Para ahli biasanya tidak menyarankan asupan yang bisa membahayakan kesehatan reproduksi," kata Vaid dilansir detikcom.

Simak tips diet setelah melahirkan ala Eriska Rein di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi