kehamilan

7 Ciri Hamil Anak Perempuan yang Mudah Dikenali

Annisa Karnesyia Sabtu, 26 Oct 2019 07:31 WIB
7 Ciri Hamil Anak Perempuan yang Mudah Dikenali
Jakarta - Perubahan tubuh saat hamil kerap dihubungkan dengan kondisi bayi dalam kandungan. Beberapa percaya, ini adalah ciri-ciri hamil, misalnya ciri-ciri hamil anak perempuan.

Wajar jika ibu hamil sering menebak-nebak jenis kelamin sang buah hati. Apalagi jika belum terlihat dari pemeriksaan ultrasonografi (USG).

"Mungkin harus menunggu saat usia kehamilan 18 sampai 20 minggu untuk bisa melihat jenis kelamin bayi dengan USG, tapi untuk beberapa kasus, tidak di usia itu," kata Elizabeth Pryor, MD, FACOG, dikutip dari Parents.


Bagi ibu yang tak sabar menunggu, bisa mengetahuinya dari ciri-ciri hamil, misalnya tanda-tanda hamil anak laki-laki, Bun. Bagi beberapa wanita, mereka bisa merasakan perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan.

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, ciri hamil anak perempuan yang akurat.

1. Detak jantung cepat

Jika detak jantung cepat atau tinggi, di atas 140 sampai 160 denyut per menit, ini menunjukkan Bunda mungkin mengandung bayi perempuan.

2. Bentuk perut terlihat naik

Selama hamil, jika bentuk perut naik atau besar ke atas bisa jadi ciri hamil anak perempuan.

3. Morning sickness parah

Terjadinya morning sickness kerap dikaitkan dengan jenis kelamin anak yang dikandung. Bila gejalanya parah, banyak orang percaya anak yang dikandung adalah perempuan.

Studi di tahun 2017 menjelaskan, wanita yang mengandung anak perempuan lebih sering mengalami peradangan ketika sistem kekebalan tubuh terpapar bakteri. Penelitian ini membandingkan tanda-tanda hamil anak laki-laki yang dialami wanita.

Ilustrasi morning sicknessIlustrasi morning sickness/ Foto: iStock

4. Perubahan mood

Perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan bisa diketahui dari perubahan suasana hati. Ibu hamil yang mudah tersinggung, depresi, atau marah, mungkin tengah hamil anak perempuan.

5. Ukuran payudara

Memantau ukuran payudara selama hamil cukup efektif untuk menentukan jenis kelamin anak. Jika payudara kiri tampak lebih besar dari yang kanan, beberapa orang yakin itu ciri hamil anak perempuan.

6. Rambut kusam dan mudah rontok

Jika sudah positif hamil tapi ingin bayi perempuan, perubahan rambut bisa menjadi pertanda, Bun. Rambut yang kusam dan rontok bisa berarti kita hamil anak perempuan. Sedangkan, rambut yang berkilau menunjukkan bahwa itu ciri hamil anak laki-laki.

7. Warna urine

Warna urine dianggap bisa menentukan jenis kelamin, Bun. Bila berwarna kuning kusam artinya Bunda tengah hamil anak perempuan.

Sejauh ini memang telah dilakukan beberapa penelitian dari ciri hamil anak perempuan di atas. Namun, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikannya.

Para ahli lagi-lagi menyarankan untuk melakukan USG jika ingin tahu jenis kelamin anak. Selain itu, beberapa prosedur lain yang bisa dilakukan adalah amniosentesis, pengambilan sampel chorionic villus, dan pengujian prenatal noninvasif.

Bunda, simak juga cara tepat menghitung usia kehamilan di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi