sign up SIGN UP search


moms-life

Kenapa Ada Orang Mau Pamer Saldo ATM? Ini Pejelasan Psikisnya

Radian Nyi Sukmasari Senin, 18 Nov 2019 10:31 WIB
Saldo ATM kalau bisa tak diumbar ke banyak orang, kecuali pasangan ya, Bun. Namun, beberapa orang justru senang bisa pamer saldo ATM-nya. caption
Jakarta - Biasanya, Bunda sebisa mungkin menutupi saldo tabungan di ATM ya, kecuali pada suami misalnya. Tapi, beberapa orang justru secara blak-blakan memberi tahu saldo ATM mereka. Sebut saja Barbie KUmalasari, Billy Syahputra, Uya Kuya, Nikita Mirzani, sampai Ria Ricis.

Melihat fenomena itu, bukan enggak mungkin kita berpikir apa sih tujuannya seseorang memamerkan saldo ATM-nya? Menanggapi hal ini, psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi @ Brawijaya Clinic, Alfath Megawati yang karib disapa Ega mengatakan pada dasarnya, manusia akan berusaha menunjukkan sesuatu yang dia anggap menjadi alasan lingkungan dapat menerima dirinya.

Misalnya, ada orang yang rajin belajar dan mencapai prestasi akademik karena dia menganggap pintar adalah hal yang membuat dirinya diterima oleh lingkungan. Demikian juga pada orang yang berusaha menunjukkan kekayaan dirinya.


"Dia menganggap kekayaanlah yang membuat orang lain dapat menerima diri mereka. Menunjukkan isi saldo itu, seperti menunjukkan kekayaan yang dimiliki juga ya," kata Ega saat berbincang dengan HaiBunda.

Ibu dua anak ini menambahkan, jika hal tersebut ditunjukkan secara berlebihan atau mati-matian dibuktikan, kondisi ini menunjukkan kegelisahan atau kekhawatiran (insecurity) yang tinggi pada diri mereka. Kenapa?

"Mereka menganggap bahwa untuk dapat dicintai atau diterima oleh orang lain, mereka harus mempunyai hal tersebut. Jika tidak, maka tidak akan ada yang mencintai mereka. Bisa dikatakan bahwa mereka frustrasi untuk dapat merasa dicintai sebagai diri mereka sendiri, apa adanya, dan tanpa syarat," papar Ega.

Faktor lain yang melatarbelakangi pamer ATM ini adalah mereka mempunyai pengalaman buruk ditolak atau direndahkan karena dianggap tidak memiliki hal tertentu. Misal, kata Ega, seseorang enggak punya kekayaan, kepintaran, kecantikan, atau status sosial.

Ilustrasi pamer saldo atmIlustrasi pamer saldo atm/ Foto: iStock
Nah, kondisi ini membuat pembuktian menjadi hal penting bagi diri mereka, agar mereka dapat mengangkat keberhargaan dirinya kembali. Menurut Ega, dalam peristiwa seleb yang pamer saldo ATM, ada juga faktor lain yang mendukung mereka untuk menunjukkan kekayaan yang dimiliki. Artis sendiri mendapatkan penghasilan dari popularitas kan, Bun?

"Popularitas didapatkan dari seberapa banyak masyarakat mengenal mereka. Saat melakukan sesuatu yang tidak biasa dari orang kebanyakan, mereka berharap akan semakin dikenal oleh orang banyak. Perilakunya bisa macam-macam ya," lanjut Ega.

"Ada yang melakukannya dengan cara yang positif seperti mengumpulkan award atau nominasi di bidangnya, dan ada yang melakukan dengan cara kurang tepat. Contohnya melakukan gimmick, bertingkah laku aneh atau antimainstream, bahkan melakukan hal yang di luar normatif," pungkas Ega.

Cek cara membuat dompet organizer yang mudah di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi