moms-life

Tips Menggoreng Ikan dengan Tepung agar Krispi dan Tak Hancur

Asri Ediyati Rabu, 15 Jan 2020 12:08 WIB
Tips Menggoreng Ikan dengan Tepung agar Krispi dan Tak Hancur
Jakarta - Menggoreng ikan dengan tepung sedikit tricky dibandingkan dengan ayam goreng tepung. Fillet ikan mudah lembek dan hancur. Berbeda dengan daging ayam yang teksturnya mengeras setelah digoreng.

Nah, bila Bunda tertarik mencobanya, berikut ini tips menggoreng ikan dengan tepung anti gagal dilansir berbagai sumber.


1. Balur tepung pada ikan dengan tangan berbeda


Siapkan fillet ikan, tepung serbaguna, dua buah telur, dan tepung roti (bisa juga tepung serbaguna). Balur ikan dengan tepung serbaguna dengan salah satu tangan. Lalu masukkan ke dalam kocokan telur dengan satu tangan yang lain.

Hindari menggunakan dua tangan sekaligus saat membalurkan tepung. Hal ini supaya tidak merusak konsistensi tepung serbaguna, tidak menggumpal, Bunda. Demikian dikutip dari The Spruce Eats.

2. Panaskan wajan

Mengutip Recipetineats, panaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuangkan minyak, ini untuk menghindari ikan menempel pada wajan. Untuk melakukan ini, cukup panaskan wajan kering, dan segera setelah Bunda melihat gumpalan asap kecil, tambahkan minyak, aduk hingga rata, lalu segera masukkan ikan. Selain itu hindari minyak yang terlalu panas.
Ikan goreng tepungIkan goreng tepung/ Foto: iStock

3. Diamkan ikan begitu masuk penggorengan

Sebagian besar fillet ikan pada awalnya akan menempel di wajan (kecuali jika Bunda menggunakan begitu banyak minyak). Akan tetapi secara alami akan terlepas begitu permukaannya matang dan berwarna keemasan. Jadi tinggalkan saja dan coba lagi sekitar 15 detik.

4. Balik sekali saja jangan berkali-kali

Saat memasak ikan, perhatikan saat daging perlahan berubah warna hingga mencapai setengah bagian bawah filet. Jika sudah seperti itu balikkan ikan. "Jika Anda ingin teksturnya renyah, jangan membaliknya terus-menerus - sekali saja sudah cukup," kata chef Argiro Barbarigou, dikutip dari Food and Wine.


Simak juga resep olahan ikan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi