Sign Up search


moms-life

Tips Menggoreng Tahu agar Tak Lengket dan Hancur

Asri Ediyati Kamis, 16 Jan 2020 11:10 WIB
Tips Menggoreng Tahu agar Tak Lengket dan Hancur caption
Jakarta - Sebal rasanya kalau tahu yang digoreng hancur di wajan. Ya, kan Bunda? Tahu lengket di wajan begitu dibalik hancur. Ternyata ada beberapa kesalahan yang kita buat di balik tahu yang lengket dan hancur itu.

Kali ini HaiBunda akan membagikan tips menggoreng tahu agar tak lengket dan hancur. Apa saja tipsnya supaya menghindari kita melakukan kesalahan. Simak tipsnya di bawah ini, mengutip The Kitchnn dan Taste of Home.


1. Keluarkan air dari tahu


Setelah mengeluarkan tahu dari kemasannya, bilas lalu buang airnya. Untuk tahu lunak, tiriskan dan keringkan. Ini berlaku untuk tahu sedang, tegas dan ekstra keras. Pengeringan sederhana cukup perlu menekan air keluar dari tahu.

Untuk menekan, selipkan tahu di antara beberapa lapis tisu, lalu di antara dua piring. Timbang pelat atas dengan sesuatu yang berat, seperti tabung tepung, buku masak atau wajan besi. Kuras cairan itu setiap 30 menit. Tahu mungkin menempel pada panci karena panci tidak cukup panas atau tahu memiliki terlalu banyak kandungan air di dalamnya.

2. Pakai panci anti lengket dan pastikan panas

Tahu memiliki kecenderungan menempel pada wajan. Tentu saja, mengikisnya dari bagian bawah wajan akan mengupas lapisan renyahnya dan membuatnya hancur. Gunakan panci antilengket, dan gunakan minyak dalam jumlah banyak.

3. Pastikan minyak panas

Bunda bisa mengecek panas atau tidaknya minyak lewat bambu yang ujungnya dicelupkan sedikit atau lewat gelembung yang ada di wajan. Tahu cenderung menempel jika minyak tidak panas.

4. Lapisi tepung maizena untuk ekstra krispi

Lapisi tahu dengan tepung sebelum digoreng. Bunda bisa pakai tepung maizena (jagung) atau saripati kentang. Akan tetapi tetap pastikan wajan cukup panas atau tahu tak memiliki terlalu banyak air di dalamnya.

5. Jangan buru-buru dibalik

Ketika menggoreng tahu, bisa memakan waktu hingga 5 menit per sisi. Itu juga tergantung pada ukuran potongannya, untuk mendapatkan bagian luar yang kecoklatan atau garing. Tunggu berwarna coklat keemasan barulah dibalik. Ini untuk menghindari tahu menempel dan sulit dibalik. Jadi jangan buru-buru dibalik ya, Bunda.


Simak juga resep tahu saus brokoli melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi