Sign Up search


moms-life

8 Mitos Perawatan Kecantikan, Bunda Pernah Percaya Juga?

Annisa Karnesyia Senin, 10 Feb 2020 13:35 WIB
8 Mitos Perawatan Kecantikan, Bunda Pernah Percaya Juga? caption
Jakarta - Salah satu cara merawat kecantikan adalah menggunakan produk yang sesuai jenis kulit. Di pasaran, banyak produk dijual menawarkan berbagai kelebihan, Bun.

Meski begitu, tak jarang mitos seputar perawatan kecantikan membuat kita khawatir. Tak hanya soal produk, tapi bagaimana cara kita merawat secara langsung kulit wajah.


Berikut telah HaiBunda rangkum 8 mitos seputar perawatan kecantikan, seperti melansir dari berbagai sumber. Catat ya, Bunda!


1. Produk kecantikan terbaik adalah yang harganya mahal

Ini enggak sepenuhnya benar ya, Bun. Jenny Kim, MD, asisten profesor kedokteran dan dermatologi di David Geffen School of Medicine University of California di Los Angeles mengatakan, sebagian besar bahan aktif yang ditemukan dalam krim anti-penuaan sama. Entah dijual di toko biasa atau tempat yang mewah.

"Produk perawatan kulit yang mahal bisa bagus. Hanya saja, kita bisa mendapatkan sesuatu yang serupa dengan harga yang jauh lebih murah," ujar Kim, dikutip dari WebMD.

2. Menggosok wajah dengan sabun bisa bikin kulit sehat dan bebas jerawat

"Ketika kita menggosok wajah, kita sama saja membersihkan minyak di wajah. Ini cenderung menyebabkan ruam dan bahkan luka bakar pada kulit," kata Sandy Johnson, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Johnson Dermatology Group di Fort Smith, Ark.

Sebaiknya, gunakan pembersih yang lembut lalu diikuti oleh pelembap atau tabir surya.

3. Jangan pernah sentuh wajah dengan tangan

Banyak yang bilang jika menyentuh wajah dengan tangan bisa menyebabkan muka jerawatan. Padahal itu bukan jadi penyebab utamanya.

Penyebab wajah jerawatan adalah bakteri yang menempel di tangan atau kuku. Misalnya, kuku yang panjang dan jarang dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri yang bisa pindah ke wajah. Jadi, sebelum menyentuh wajah, pastikan tangan kita bersih.

Ilustrasi perawatan wajahIlustrasi perawatan wajah/ Foto: iStock

4. Rutin mencuci wajah bisa mencegah wajah berjerawat

Faktanya, perawatan kulit yang konsisten dan rutin tidak bisa menyelamatkan wajah dari jerawat. Jerawat dapat muncul karena masalah kesehatan hingga stres. Meski begitu, tak ada salahnya menggunakan beberapa produk berbeda di setiap musim.

5. Tidak perlu gunakan tabir surya saat cuaca tidak cerah

Meski kondisi cuaca mendung dan tidak cerah, bukan berarti radiasi UV dari matahari tidak mencapai permukaan bumi. Jadi pastikan untuk menggunakan tabir surya setiap hari dan setiap dua jam setelah berenang atau berkeringat.

Menurut Leslie Bauman, MD, direktur University of Miami Cosmetic Group dan penulis The Skin Type Solution, kita harus memakai 14 atau 15 kali jumlah make up yang biasa dipakai orang normal untuk mencapai SPF pada label produk. Hal yang sama juga berlaku untuk foundation dan makeup cair. Pastikan Bunda menggunakan tabir surya sebagai tambahan untuk riasan ya.

6. Kita tidak memerlukan dokter kulit

Salah satu kesalahan terbesar adalah percaya jika suatu produk sudah cocok dengan kulit wajah. Kita tetap membutuhkan dokter kulit ya. Sebab, mereka tahu dengan benar jenis kulit kita.


7. Produk antipenuaan atau krim antikerut dapat menghapus kerutan

Sebagian besar krim antikerut hanya melembabkan kulit dan membuatnya terlihat lebih baik untuk sementara. Kata Bauman, hanya produk yang mengandung retinol dan tretinoin yang bisa menembus kulit untuk menggantikan sel.

Penelitian menunjukkan, bahan ini cukup efektif dalam mengobati jerawat, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta membalikkan efek photoaging atau kerusakan akibat sinar matahari. Beberapa produk ini dapat dibeli di apotek.

8. Kita butuh toner untuk membersihkan wajah

Toner standar dapat menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit sebelum kita menggunakan pelembab. Tergantung pada mereknya, toner bisa membantu kulit terlihat lebih cerah dan halus.

Namun, tidak semua orang membutuhkan toner, Bun. Terlalu banyak produk justru bisa menyebabkan penumpukan atau kurangnya penyerapan dalam produk yang digunakan. Jika menggunakan toner, sebaiknya cari toner dan bandingkan dengan produk lain tergantung rutinitas kita.

Simak juga hal yang harus dihindari setelah facial, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi