sign up SIGN UP search


moms-life

Sah! Cucu Soeharto Danny Rukmana Resmi Nikahi Pramugari Raiyah

Maya Sofia Sabtu, 15 Feb 2020 11:36 WIB
Cucu Soeharto, Danny Rukmana, resmi menikahi seorang pramugari bernama Raiyah usai menjalankan akad nikah yang digelar hari ini. caption
Jakarta - Cucu Presiden ke-2 RI, Soeharto, Danny Rukmana, resmi menikah dengan pramugari asal Makassar, Raiyah Chitra Caesaria setelah mengucap ijab kabul dalam akad nikah yang digelar di Grand Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Dalam akad nikah yang digelar dengan ada Bugis Makassar ini, Wakil Presiden ke-6 Indonesia, Try Sutrisno bertindak sebagai saksi dari mempelai pria dan Andi Darussalam Tabusalla bertindak sebagai saksi dari mempelai perempuan.


Sebelum menggelar akad nikah hari ini, Danny dan Raiyah telah lebih dahulu mengikuti serangkaian acara. Salah satunya adalah pemasangan Bleketepe yang dilakukan pada Kamis (13/2/2020). Dijelaskan dalam akun Instagram ibu Danny, Siti Hardijanti Indra Rukmana alias Tutut Soeharto, Bleketepe adalah penanda dimulainya suatu hajatan yang dilaksanakan dalam adat Jawa.


"Ini (Bleketepe) sebenarnya bukan doa, hanya sebagai penanda," tulis Tutut Soeharto.

Sesudah pemasangan Bleketepe, acara dilanjutkan dengan pemasangan padi-padian yang disebut tuwuhan. Tuwuhan memiliki arti sebagai harapan agar acara bisa berjalan lancar.

Di hari yang sama, dilakukan juga persiapan berupa pencatatan nikah yang dilaksanakan di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat. Acara di hari Kamis bisa terbilang padat, Bun.

Setelah pencatatan nikah, acara dilanjutkan dengan pengajian. Pengajian dipimpin oleh Maria Ulfah, MA dan dihadiri Danny dan Raiyah beserta keluarga. Pada kesempatan ini, Danny Rukmana juga membacakan surat pendek Alquran.

Setelah pengajian, acara dilanjutkan dengan Bucalan dan Majemukan. Bucalan merupakan ritual penyucian tempat-tempat tertentu agar pernikahan dijauhkan dari gangguan. Sedangkan Majemukan adalah acara selamatan memohon pada Tuhan agar semua rangkaian acara pernikahan dilancarkan sampai selesai.

Acara siraman Danny RukmanaAcara siraman Danny Rukmana. (Foto: Dok. Ist)

Sehari jelang menikah atau Jumat pagi (14/2/2020), diadakan serangkaian acara adat Jawa, seperti sungkeman, siraman, potong rikmo, nanem rikmo, dodol dawet, dulang pungkasan, dan begalan. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman calon mempelai pria.

Malam harinya, keluarga besar Danny dan Raiyah melaksanakan tradisi Makassar, Mappacci. Prosesi ini merupakan sebuah ritual di mana calon pengantin baik perempuan maupun laki-laki diberkati dengan doa restu dari keluarga terdekatnya. Mappacci diadakan dengan tujuan mensucikan diri sebelum berumah tangga.

Bertemu di Singapura

Sebelumnya, tak banyak yang tahu soal kisah cinta Danny dan Raiyah. Rupanya, kisah cinta Danny dan Raiyah bersemi di Singapura.

Raiyah menceritakan awal bertemu dan mengenal Danny Rukmana. Saat itu, ia dikenalkan oleh saudara sepupunya saat berada di Singapura. Keduanya saling mengenal sejak Februari 2018 lalu.

"Awalnya ketemu (Danny) dikenali saudara aku, diajak makan. Tanggal 27 Februari 2018," kata Raiyah Chitra Caesaria dilansir detikcom.

Setelah berkenalan, Danny dan Raiyah berkomunikasi lewat pesan singkat. Danny Rukmana dan Raiyah Chitra Caesaria saling bertemu ketika berada di Jakarta walau hanya sesekali.

Butuh waktu satu bulan untuk pendekatan. Putra dari Siti Hardijanti Rukmana (Tutut Soeharto) itu akhirnya 'menembak' Raiyah Chitra Caesaria. Keduanya pun akhirnya sepakat menjalin hubungan selama dua tahun.

"Kita jadian tanggal 31 Maret 2018," ujar Danny Rukmana.


Selama dua tahun itu Raiyah Chitra Caesaria dan Danny Rukmana sepakat saling menjaga hati dengan menjalani LDR. Jarak bukan penghalang bagi mereka, malah keduanya jalani dengan sukacita. "Jadi kita LDR," ungkap cucu Soeharto itu sembari tertawa.

Simak juga kisah Tasya Kamila jalani LDR sebelum menikah dengan sang suami dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi