Sign Up search


moms-life

Pernikahan Cucu Soeharto & Pramugari Tajir, Rangkaian Acara Dimulai Hari Ini

Siti Hafadzoh Kamis, 13 Feb 2020 09:18 WIB
Pernikahan Cucu Soeharto & Pramugari Tajir, Rangkaian Acara Dimulai Hari Ini Danny Rukmana dan Raiyah Chitra/ Foto: Danny Rukmana cucu Soeharto / Ig Tutut
Jakarta - Cucu Soeharto, Danny Bimo Hendro Utomo atau Danny Rukmana akan menikah dengan Raiyah Chitra Caesaria pada Sabtu (15/2/2020). Putra Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut Soeharto ini akan memulai rangkaian acara pernikahannya hari ini.

Acara dimulai dengan pemasangan bleketepe, daun kelapa yang dipasang mengelilingi area pernikahan. Bleketepe dipasang di rumah keluarga cendana.


"Dari kediaman ada acara (pemasangan) bleketepe," kata perwakilan keluarga cendana dikutip dari detikcom.


Kemudian, keluarga cendana akan berangkat ke Hotel Hermitage untuk proses administrasi pencatatan pernikahan. Setelah itu, mereka kembali ke rumah untuk melangsungkan pengajian.

"Habis itu, balik ke rumah jam 10.00 WIB untuk pengajian," ujarnya.

Akad nikah Danny dan Raiyah akan dilaksanakan pada Sabtu (15/2/2020) pagi. Malam harinya baru lah resepsi pernikahan dilangsungkan.

Paman Raiyah, Andi Darussalam Tabusalla mengatakan, akad nikah keponakannya itu menggunakan adat Bugis, Makassar. Mengingat, Raiyah memang merupakan gadis keturunan Makassar.

Pernikahan Cucu Soeharto & Pramugari Tajir, Rangkaian Acaranya Dimulai Hari IniFoto: Lamaran anak Mbak Tutut, Danny Rukmana (Dok. Istimewa)

Sedangkan, untuk resepsi menggunakan dua adat, yaitu Jawa dan Sunda. Kakak Danny, Dandy Rukmana mengatakan, kedua mempelai akan menggunakan perpaduan adat Jawa dan Sunda. Termasuk pelaminan dan pakaian yang digunakan.

"Jadi pengantin di pelaminan menggunakan adat Jawa, sementara keluarga dan among tamu menggunakan busana adat Teluk Belanga, Sunda," kata Dandy.

Konsep resepsi yang mengusung dua adat ini merupakan keputusan dari orang tua Danny. Tutut Soeharto berasal dari Jawa Tengah, suaminya, Indra Rukmana merupakan keturunan Sunda.

"Jadi ini Bhineka Tunggal Ika," kata Dandy.

Melangsungkan pernikahan dengan berbagai adat seperti Danny dan Raiyah tentu membutuhkan biaya yang besar. Persiapan pernikahan sebesar ini tidak luput dari perencanaan finansial, Bun.

Perencanaan biaya perlu dilakukan sejak jauh hari. Supaya biaya tidak membengkak, dikutip dari Here Comes The Guide, berikut 6 tips perencanaan biaya pernikahan.

1. Cari tahu siapa yang berkontribusi dalam biaya pernikahan

2. Tentukan anggaran pernikahan

3. Perkirakan jumlah undangan

4. Tentukan hal yang tidak bisa diprioritaskan


5. Lakukan riset biaya

6. Menghitung biaya

Biaya pernikahan tetap harus disesuaikan dengan penghasilan dan dana yang ada ya, Bun. Karena tujuan keuangan kita tidak hanya untuk resepsi pernikahan.

Bunda juga bisa simak cerita Mona Ratuliu yang dilamar dan menikah di usia 20 tahun berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi