Sign Up search


moms-life

Emas 20,2 Gram dan Uang 88 Riyal Jadi Mahar Pernikahan Cucu Soeharto

Yuni Ayu Amida Sabtu, 15 Feb 2020 13:12 WIB
Emas 20,2 Gram dan Uang 88 Riyal Jadi Mahar Pernikahan Cucu Soeharto Emas 20,2 Gram dan Uang 88 Riyal jadi Mahar Pernikahan Cucu Soeharto/ Foto: YouTube Cendana TV
Jakarta - Hari ini, Sabtu 15 Februari 2020 menjadi hari bahagia bagi Cucu Presiden ke-2 RI, Soeharto, Danny Rukmana. Pasalnya, ia telah resmi menikahi gadis pujaannya, Raiyah Chitra Caesaria.

Pernikahan tersebut digelar dengan adat Bugis-Makassar dan bertempat di Grand Ballroom Hotel Mulia, Jakarta. Melansir detikcom, rombongan calon pengantin Danny Rukmana datang ke lokasi akad sekitar pukul 10.49 WIB. Ia juga didampingi kedua orang tuanya, Siti Hardijanti Rukmana dan Indra Rukmana.


Dengan iring-iringan musik, Danny dan rombongannya disambut baik oleh perwakilan keluarga Raiyah.


"Kami mewakili keluarga bapak Indra Rukmana ingin mengucapkan salam untuk keluarga Bapak H. Andi Abdussalam," ujar Arie Setianto Nugroho, mewakili keluarga mempelai pria.

Pemberian Lola oleh perwakilan keluarga wanita jadi simbol penerimaan mempelai pria, sebelum masuk ke ruangan akad. Akhirnya tepat pukul 11.25 WIB, dengan satu tarikan napas Danny Rukmana berhasil mengucapkan akad nikah.

Diketahui, mahar atau mas kawin yang diberikan Danny pada Raiyah berupa emas 20,2 gram dan uang tunai 88 Riyal.

"Saya serahkan mas kawin ini untuk istri saya tercinta, tersayang," ujar Danny usai ijab kabul.

"Saya terima mas kawinnya dari suami saya tercinta tersayang, insya Allah akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," jawab Raiyah.

Emas 20,2 Gram dan Uang 88 Riyal jadi Mahar Pernikahan Cucu SoehartoEmas 20,2 Gram dan Uang 88 Riyal jadi Mahar Pernikahan Cucu Soeharto/ Foto: YouTube Cendana TV


Sebelum menggelar akad nikah hari ini, Danny dan Raiyah mengikuti serangkaian acara dahulu. Salah satunya adalah pemasangan Bleketepe yang dilakukan pada Kamis (13/2/2020). Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemasangan padi-padian yang disebut tuwuhan. Tuwuhan memiliki arti sebagai harapan agar acara bisa berjalan lancar.

Pada hari yang sama, dilakukan juga persiapan berupa pencatatan nikah yang dilaksanakan di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengajian. Setelah pengajian, acara dilanjutkan dengan Bucalan dan Majemukan. Bucalan merupakan ritual penyucian tempat-tempat tertentu agar pernikahan dijauhkan dari gangguan. Sedangkan Majemukan adalah acara selamatan memohon pada Tuhan agar semua rangkaian acara pernikahan dilancarkan sampai selesai.

Sehari jelang menikah atau Jumat pagi (14/2/2020), diadakan serangkaian acara adat Jawa, seperti sungkeman, siraman, potong rikmo, nanem rikmo, dodol dawet, dulang pungkasan, dan begalan. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman calon mempelai pria.

Malam harinya, keluarga besar Danny dan Raiyah melaksanakan tradisi Makassar, Mappacci. Prosesi ini merupakan sebuah ritual di mana calon pengantin baik perempuan maupun laki-laki diberkati dengan doa restu dari keluarga terdekatnya. Mappacci diadakan dengan tujuan mensucikan diri sebelum berumah tangga.


Simak juga pesan Lenna Tan dalam intimate interview ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi