Sign Up search


moms-life

Sama-sama dari Kedelai, Ini Perbedaan Tahu dan Tofu

Haikal Luthfi Selasa, 24 Mar 2020 16:38 WIB
Sama-sama dari Kedelai, Ini Perbedaan Tahu dan Tofu Ilustrasi tahu/ Foto: Istimewa
Jakarta -

Tahu dan tofu merupakan makanan yang identik namun tak sama. Meskipun sama-sama berbahan dasar dari kedelai, ternyata tahu dan tofu mempunyai perbedaan, lho Bun.

Lho kok bisa?

Sekilas, memang keduanya terlihat sama saja. Baik dari segi wujud maupun dari segi rasa. Rupanya ada faktor yang melatarbelakangi mengapa kedua makanan ini harus berbeda. Lantas apa faktor yang dimaksud? Berikut ulasannya, Bun.

tahu & tofutahu & tofu/ Foto: Istimewa

Faktor Penyebutan

Dari namanya saja sudah jelas berbeda. Meskipun tofu adalah bahasa Inggrisnya dari tahu, namun di Indonesia, nama tofu sendiri dipakai untuk menyebutkan tahu yang berasal dari Jepang. Tofu juga bisa disebut dengan tahu sutera.

Faktor Pembuatan

Pada prosesnya, keduanya diketahui memiliki proses pembuatan yang berbeda. Perbedaannya terletak pada takaran bahan penggumpalnya.


Jika pada tofu menggunakan GDL (Glucono Delta Lactone) sebesar 0,2 - 0,3 persen dari jumlah susu kedelai yang dipakai. Maka pada tahu, bahan penggumpalnya bisa dengan asam asetat, GDL atau cairan sisa dari pembuatan tahu sebelumnya dengan jumlah cukup banyak.

Faktor Tekstur

Tofu memiliki tekstur yang lembut dan lunak. Karena teksturnya yang lembut, membuat tofu lebih mudah hancur. Dari tekstur ini pula mengapa disebut sebagai tahu sutera. Sedangkan tahu, teksturnya lebih padat.

Faktor Kegunaan

Karena tekstur tofu yang lembut, dalam kegunaannya tofu sering diolah menjadi isian sup. Memasaknya pun harus hati hati agar tidak mudah hancur. Sedangkan tahu, karena teksturnya yang padat, bisa diolah menjadi berbagai macam masakan mulai dari masakan kuah hingga aneka gorengan.


Simak juga bun, olahan kedelai lainnya yakni cara membuat steak tempe pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




 




(haf/haf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi