sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Menggoreng Tahu Bulat agar Mengembang Sempurna

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 29 Feb 2020 07:00 WIB
Menggoreng tahu bulat butuh trik tersendiri agar mengembang. Mau tahu resep dan cara membuatnya juga enggak nih, Bunda? Simak di sini yuk! caption
Jakarta - Tahu bulat menjadi salah satu camilan yang paling digemari orang Indonesia. Jajanan satu ini sempat sangat terkenal karena jingle yang sangat lucu.

Bunda pasti tahu dong, "Tahu bulat di goreng dadakan, lima ratusan." Hampir di setiap jalan kita menemui pedagang tahu bulat di atas mobil bak terbuka sambil menggoreng tahu.


Sebagai penggemar tahu bulat, penasaran enggak sih, Bun, gimana cara membuat dan menggorengnya agar mengembang sempurna. Bubun pun sempat beberapa kali lho mencoba membuat tahu bulat.


Kalau enggak bantat dan enggak mau mengembang, kadang-kadang rasanya jadi asam. Hemm, kira-kira kenapa ya?

Melansir The Guardian, ada trik yang perlu dilakukan untuk membuang rasa asam pada tahu. Mengutip pendapat J Kenji López-Alt dari situs Serious Eats menjelaskan bahwa kunci kerenyahan dalam menggoreng tahu adalah mengurangi kandungan airnya.

Tips Menggoreng Tahu Bulat agar Mengembang SempurnaTips menggoreng tahu bulat/ Foto: Instagram

"Kunci untuk kerenyahan dan agar kecoklatan adalah dengan menghilangkan kelembaban. Jadi semakin kering tahu akan membuat bagian luar akan renyah dan bagian dalam tetap lembut," terang Lopez.

Sementara Andrea Nugyen, penulis Asian Tofu memberikan tips agar merebus tahu dengan garam dan cuka untuk menghilangkan rasa. Kemudian menepuk-nepuk tahu agar airnya keluar.

Sedangkan penulis buku makanan, Vegan Rhea Patsons merekomendasikan untuk membekukan tahu sebelum menekannya. Ahli makanan yang lain menyarankan, untuk memanggang tahu selama 25 menit sebelum memasaknya, Bun.

"Untuk membuatnya lebih kencang dengan tekstur kenyal," ungkap Parsons.

Menjawab rasa penasaran itu ternyata ada beberapa trik yang mesti dilakukan saat membuat tahu bulat. Begitu pula dengan cara menggorengnya nih.

Mau coba buat sendiri di rumah? Berikut resep tahu bulat yang pernah Bubun buat. Semoga berhasil ya!

Bahan:

10 tahu putih
2 butir telor, dipakai hanya kuningnya saja
1 sdt baking powder
1 sdm kaldu bubuk
Garam sesuai selera
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat dan menggoreng:

1. Cuci tahu dengan air panas dan hancurkan tahu. Setelah itu, peras tahu menggunakan kain bersih, Bun. Pastikan kandungan air di dalam tahu sudah benar-benar kering agar tahu bulat bisa mengembang.

2. Campurkan semua bahan pendukung, lalu aduk-aduk sampai rata. Icipi rasa, hingga sesuai yang diinginkan.

3. Diamkan adonan tahu bulat di kulkas selama tiga jam, Bun. Lalu keluarkan di suhu ruang selama 10 menit.

4. Setelah didinginkan tiga jam, adonan tahu bulat siap digoreng. Siapkan dua wajan berisi minyak.

5. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil seperti bakso, dan masukkan ke dalam wajan berisi minyak dingin. Usahakan agar bentuknya tidak terlalu besar karena nanti tahu akan mengembang.

6. Setelah adonan siap baru nyalakan api untuk menggoreng. Jangan diaduk dulu agar tidak hancur. Tunggu sampai minyak panas, dan adonan tahu bulat mengeras.


7. Lakukan step di atas pada wajan dengan minyak yang masih dingin. Ingat ya, Bun, sediakan minyak dalam jumlah banyak sampai adonan tahu terendam.

8. Setelah tahu mengembang dan naik di permukaan minyak panas, itu artinya sudah matang. Tahu bulat siap disajikan.

Bunda, simak juga yuk tips menggoreng pisang crispy dalam video berikut ini!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi