Sign Up search


moms-life

Tips Menggoreng Ceker Ayam agar Gurih, Empuk, dan Anti Alot

Siti Hafadzoh Kamis, 26 Mar 2020 05:20 WIB
Tips Menggoreng Ceker Ayam agar Gurih, Empuk, dan Anti Alot caption
Jakarta - Ceker ayam yang gurih dan renyah salah satu lauk kesukaan keluarga. Selain untuk pelengkap nasi, ceker goreng juga bisa dijadikan sebagai camilan.

Mengutip Fitbit, ceker ayam tinggi akan protein dan lemak. Tapi, konsumsinya harus diperhatikan ya, Bun. Jangan sampai makan terlalu banyak karena ceker ayam tinggi akan kolesterol.


Ceker goreng tentunya akan lebih sehat kalau Bunda buat sendiri di rumah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips menggoreng ceker ayam supaya gurih dan renyah.


1. Rebus dengan bumbu

Sebelum digoreng, ceker perlu direbus terlebih dahulu dengan bumbu. Bunda bisa tambahkan garam, kecap asin, gula, dan bawang putih ketika merebus ceker.

Ceker direbus terlebih dulu supaya lunak. Ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Untuk lebih praktisnya, Bunda bisa merebus ceker menggunakan panci presto. Selain waktu yang lebih singkat, ceker dijamin empuk hingga ke tulang.

2. Tiriskan ceker

Ceker ayam mengandung banyak air. Setelah direbus, kadar air dalam ceker ayam tentunya bertambah. Supaya tidak banyak letupan ketika digoreng, tiriskan ceker hingga air tidak menetes.

3. Kecilkan api

Panaskan minyak yang ada di wajan. Setelah ceker dimasukkan ke dalam minyak panas, tutup wajan dan kecilkan apinya. Ini bertujuan agar tidak terlalu banyak letupan ketika menggoreng ceker.

4. Menggunakan telur dan tepung

Cara lain untuk membuat ceker ayam yang gurih dan renyah adalah membalutnya dengan telur dan tepung. Kocok telur dan siapkan campuran tepung serta garam.

Celupkan ceker dalam adonan, sisihkan tepung yang berlebih. Pastikan seluruh permukaan ceker tertutup tepung.


5. Deep frying

Sama seperti ayam atau ikan, ceker juga perlu digoreng dengan minyak yang banyak supaya renyah. Usahakan supaya seluruh permukaan ceker terendam minyak. Goreng sampai cokelat keemasan, sekitar 3-5 menit.

Selamat mencoba tipsnya, Bun!

Lihat juga resep dimsum ceker di video berikut ini yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi